get app
inews
Aa Read Next : Tutup Lawatan di Pulau Bali, Duta Seni Pelajar Boyolali Pentas di GWK

Desa Devisa Klaster Udang Jembrana Memaksimalkan Potensi Ekspor Udang Vaname

Senin, 01 Mei 2023 | 22:58 WIB
header img
Anggota Desa Devisa Klaster Udang Jembrana Bali menunjukkan Udang Vaname, (Foto: dok. LPEI).

BALI, iNewsBoyolali.id –Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI)/Indonesia Eximbank dengan Kementerian Keuangan RI (Direktorat Jenderal Kekayaan Negara dan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai) dan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI (Politeknik Kelautan dan Perikanan Jembrana) bekerja sama meresmikan Desa Devisa Klaster Udang Jembrana pada tanggal 16 Maret 2023 lalu.

Peresmian Desa Devisa ini  bertujuan untuk memberikan peningkatan kapasitas berbasis pemberdayaan komunitas kepada pengelola koperasi, nelayan, serta petambak udang Vaname di wilayah Kabupaten Jembrana, Bali. Diharapkan program ini dapat meningkatkan kompetensi pelaku budidaya antara lain dari aspek perijinan, prosedur dan dokumen ekspor hingga peningkatan kualitas produksi.

Sebagai penggagas program, LPEI siap mendorong pengembangan Desa Devisa Klaster Udang Jembrana menuju pasar dunia. Selain memberikan bantuan pengadaan dalam bentuk pembuatan kolam tambak sebagai sarana praktek dan edukasi budidaya udang Vaname, LPEI juga turut melakukan pendampingan, monitoring, publikasi, serta menyiapkan infrastruktur pelatihan agar proses peningkatan kapasitas produksi dan prosedur ekspor berjalan secara maksimal.

Editor : Tata Rahmanta

Follow Berita iNews Boyolali di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut