get app
inews
Aa Read Next : UMKM Jakarta Candle Mampu Kirim Lilin Aroma Kayu Manis ke Mancanegara

Peringati International Women’s Day, LPEI Berdayakan Ribuan Perempuan di Desa Devisa

Kamis, 09 Maret 2023 | 12:02 WIB
header img
LPEI Berdayakan Ribuan Perempuan Indonesia di Desa Devisa.(Foto: Dok. LPEI)

Tercatat per September 2022, nilai penjualan Desa Devisa Klaster Gula Semut mencapai Rp14,8 miliar. Selain itu, produk dan budidaya tanaman di desa mereka berhasil mendapatkan sertifikasi United States Department of Agriculture (USDA) Organic, ID-BIO-149 Non-EU Agriculture, hingga Japanese Agricultural Standards (JAS).

Di sisi lain, LPEI membina sebanyak 2.845 pengrajin batik dan tenun dalam hal keterampilan dan usaha ekspor di Desa Devisa Klaster Fashion Jawa Timur. Dari total pengrajin tersebut, lebih dari 85 persen adalah perempuan. Hasilnya pun tidak main-main, Desa Devisa ini mampu meraih nilai penjualan ekspor hingga Rp 845 juta.

“Selaras dengan semangat Hari Perempuan Internasional, LPEI terus berusaha untuk merangkul para perempuan di berbagai Desa Devisa agar dapat setara dalam memberikan kontribusi bagi komunitas. Desa Devisa Klaster Gula Semut hingga Desa Devisa Klaster Fashion Jawa Timur menjadi bukti nyata partisipasi yang inklusif terbukti dapat memberikan hasil yang maksimal,” jelas Gerald.

Editor : Tata Rahmanta

Follow Berita iNews Boyolali di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut