get app
inews
Aa Read Next : UMKM Jakarta Candle Mampu Kirim Lilin Aroma Kayu Manis ke Mancanegara

Peringati International Women’s Day, LPEI Berdayakan Ribuan Perempuan di Desa Devisa

Kamis, 09 Maret 2023 | 12:02 WIB
header img
LPEI Berdayakan Ribuan Perempuan Indonesia di Desa Devisa.(Foto: Dok. LPEI)

“Akselerasi penguatan perempuan di berbagai sektor mulai merata, utamanya dalam pengelolaan usaha. Tak jarang para pengelola perempuan inilah yang berhasil mendorong produk-produk asli indonesia menembus pasar mancanegara. Agar laju pertumbuhan kontribusi perempuan dalam bidang usaha bisa berkelanjutan, perlu ada keseimbangan dari sisi pemberdayaan dan fasilitas yang mumpuni,” ujar Gerald Grisanto, Kepala Divisi Jasa Konsultasi LPEI.

LPEI telah membina 195 Desa Devisa yang tersebar di 9 provinsi, termasuk Desa Devisa Gula Semut dan Desa Devisa Fashion Jawa Timur, yang telah membuktikan kekuatan perempuan dalam menopang perekonomian hingga mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia.

Sebanyak 944 dari 1.888 warga yang diberdayakan dalam Desa Devisa Klaster Gula Semut adalah perempuan. Angka tersebut menunjukkan bahwa perempuan maupun laki-laki memiliki kontribusi yang setara. Para perempuan yang seluruhnya merupakan istri petani atau penderes mendapat beragam pelatihan dan pendampingan dari LPEI yang mencakup peningkatan mutu produksi, penyusunan laporan keuangan, perluasan akses pasar hingga fasilitasi pameran Tak sia-sia, pemberdayaan warga yang tinggal di Desa Bumisari, Kabupaten Purbalingga ini mampu menghasilkan produk kualitas tinggi yang dilirik pasar global.

Editor : Tata Rahmanta

Follow Berita iNews Boyolali di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut