get app
inews
Aa Read Next : Duta Seni Pelajar Nusantara Boyolali Menari di Titik Nol IKN

Menambah Kekayaan Jenis Tarian, Disdikbud Boyolali Gelar Festival Kesenian Rakyat

Selasa, 23 Agustus 2022 | 22:32 WIB
header img
Sejumlah penari sedang unjuk kebolehan dalam Festival Kesenian Rakyat tahun 2022 di Lapangan Simo, Kecamatan Simo, kabupaten Boyolali, Selasa (23/8/2022).(iNewsBoyolali.id)

Disampaikan Darmanto, tema yang diusung pada tahun ini adalah lingkungan hidup dengan kriteria penilaiannya terdiri dari irama, koreografi, dan kostum penari. Peserta yang mengikuti festival ini adalah masyarakat umum perwakilan dari masing-masing kecamatan. Pihaknya mengungkapkan, potensi yang ada di Kabupaten Boyolali luar biasa sehingga meski sempat terdampak pandemi, diharapkan kegiatan ini dapat memotivasi para seniman untuk tetap berkarya. Sebagai wujud motivasi, hadiah yang diberikan pada ajang kesenian ini berupa uang pembinaan mencapai total Rp 23 juta.

“Kegiatan ini akan memotivasi mereka berkarya lagi.” ujar Darmanto.

Ditemui usai membuka acara Festival Kesenian Rakyat, Wabup yang kerap disapa Iwan ini mengatakan kegiatan tersebut diadakan dalam rangka menggali dan mencari potensi kebudayaan yang ada di Kabupaten Boyolali.

“Dengan harapan masyarakat bisa lebih mengenal lagi budaya-budaya yang ada di Kabupaten Boyolali.” ungkapnya.

Sebagai informasi, adapun daftar pemenang Festival Kesenian Rakyat pada hari ini yaitu Juara I diperoleh Sardulo Seto dari Kecamatan Ampel, kemudian sebagai juara II adalah Bagus Lembu dari Kecamatan Cepogo, dan juara III yaitu Sekar Giri dari Kecamatan Musuk.

Selanjutnya sebagai juara Harapan I yakni Tejaning Tempuran Sejati dari Kecamatan Wonosamodro, kemudian juara Harapan II diperoleh Raga Rantung dari Kecamatan Klego, dan sebagai juara Harapan III adalah Topeng Ireng Suryo Mudho dari Kecamatan Selo. Yang terakhir sebagai juara Favorit adalah Simo Tangguh dari Kecamatan Simo. 

Editor : Tata Rahmanta

Follow Berita iNews Boyolali di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut