get app
inews
Aa
Read Next : Gunung Merapi Erupsi Sejumlah Desa di Boyolali Diguyur Hujan Abu

Kirab Bendera Merah Putih Sepanjang 165 Meter di Lereng Merapi Berlangsung Meriah

Selasa, 23 Agustus 2022 | 21:20 WIB
header img
Ratusan siswa SMP membentangkan Bendera Merah Putih sepanjang 165 meter di Jalan Boyolali Magelang, Desa Sukabumi, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali,Selasa (23/08/2022). (foto:iNewsBoyolali.id)

BOYOLALI, iNewsBoyolali.id – Masih dalam suasana Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Ke-77 Republik Indonesia, masyarakat Kecamatan Cepogo menggelar Kirab Kebhinekaan pada Selasa (23/08/2022). Kirab ini dimulai dari Balai Desa Sukabumi dan berakhir di komplek Makam Gunungan Desa Sukabumi.

 

Koordinator kegiatan, Suharno menjelaskan dengan menempuh jarak 1,5 kilometer, sekitar 2.000 masyarakat Desa Sukabumi akan berjalan dengan membawa 165 bendera merah putih serta mengarak bendera merah putih sepanjang 165 meter dengan lebar 1,5 meter. Kirab diakhiri dengan mengibarkan bendera berukuran 5x7 meter dengan diikuti oleh jajaran Forkopinda setempat.

 

“Sifatnya untuk merekatkan persatuan warga. Diharapkan Cepogo menjadi daerah yang religi dan untuk mengangkat ekonomi masyarakat di sekitar Cepogo,” terangnya.

 

Kirab diawali dengan pasukan pembawa bendera merah putih yang disusul dengan gunungan hasil bumi. Barisan di belakang gunungan, ada seni rodat, pesilat, drumband dan drumblek, serta kesenian reog. Ikut pula ratusan tenong yang berisi aneka makanan yang akan dibagikan kepada masyarakat.

 

Kegiatan tersebut mendapat apresiasi yang baik dari Camat Cepogo, Waluyo Jati yang berkesempatan hadir dan mengikuti kirab. Menurut Waluyo, kegiatan tersebut benar benar dikemas secara meriah oleh masyarakat sekitar setelah dua tahun terkendala pandemi Covid-19.

 

“Intinya adalah memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-77 sekaligus kita membangun kembali rasa persatuan dan kesatuan, persaudaraan dan sekaligus mulai bangkit setelah kita Covid-19,” ujarnya.

 

Kirab tersebut selain untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan Ke-77 Republik Indonesia, sekaligus juga untuk memperingati Maulid dan Haul Awliya’ Sayyid Sholeh Yasin yang merupakan salah satu ulama penyebar agama Islam di wilayah Desa Sukabumi, Kecamatan Cepogo.

Editor : Tata Rahmanta

Follow Berita iNews Boyolali di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut