Penilaian Peningkatan Kapasitas Perangkat Desa melalui Peka Desa dilaunching

Tata Rahmanta
Launching penilaian Peningkatan Kapasitas Perangkat Desa melalui Peka Desa di Keacamatan Teras Boyolali. (Foto: Dok. Kecamatan Teras)

Joko menjelaskan, maksud dan tujuan melakukan penilaian terhadap kinerja perangkat desa adalah bahwa desa sangat strategis sebagai ujung tombak pemerintahan dan punya tanggung jawab untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsinya. Dapat diasumsikan selama ini kinerjanya masih kurang optimal dan perlu ditingkatkan.

"Secara kualitatif jumlah perangkat itu sudah cukup, namun secara kualitas tentunya perlu ditingkatkan. Makanya perlu ada komitmen bersama terkait dengan kinerja perangkat desa termasuk kedepannya nanti ada tindak lanjut dimungkinkan ada kegiatan-kegiatan peningkatan kapasitas dalam bentuk Bimtek, pelatihan, serta pemberian reward peningkatan kesejahteraan.  dan sebagainya. Dan ini sifatnya rintisan untuk kecamatan Teras. Dan kami lihat di Jawa Tengah juga belum ada. Kita yang pertama. Boyolali kita awali di Kecamatan Teras, harapannya nanti dengan penilaian itu bisa dikembangkan untuk seluruh Kabupaten Boyolali," ungkapnya.

Kegiatan ini bermanfaat  bagi kades, camat selaku pembina desa, OPD terkait lainnya dalam rangka peningkatan SDM di Desa. "ini kami rintis dari kecamatan teras, harapannya kedepan harapannya kedepan bisa diadopsi, kalau sudah menjadi tingkat kabupaten otomatis kami memberikan masukan," ujarnya.



Editor : Tata Rahmanta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4 5

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network