Dorong Kunjungan Wisatawan, Kemenparekraf dan Pemkab Purbalingga Gelar Diseminasi Strategi Pemasaran

PURBALINGGA, iNewsBoyolali.id – Pemerintah Kabupaten Purbalingga terus menggencarkan upaya peningkatan sektor pariwisata melalui berbagai strategi. Salah satunya diwujudkan melalui kegiatan diseminasi bertajuk "Strategi dan Komunikasi Pemasaran Pariwisata untuk Meningkatkan Kunjungan Wisatawan” yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bekerja sama dengan Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Dinporapar) Purbalingga, Sabtu (31/5/2025), di Hasa Hall D’Pari.
Kegiatan yang memasuki hari kedua ini diikuti oleh sekitar 115 peserta, terdiri dari pengelola destinasi wisata, pelaku ekonomi kreatif, content creator, anggota Asosiasi Biro Wisata Purbalingga (Asbiling), Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI), serta pengurus Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).
Bupati Purbalingga Fahmi Muhammad Hanif dalam sambutannya menegaskan pentingnya kolaborasi lintas sektor untuk memajukan pariwisata daerah. Ia menyebut Purbalingga sebagai daerah dengan potensi alam dan budaya yang besar, namun masih memerlukan strategi pemasaran yang tepat agar daya tarik tersebut dapat menjangkau lebih banyak wisatawan.
“Purbalingga masuk dalam 10 besar destinasi wisata terfavorit saat libur Lebaran 2025. Ini menunjukkan daya tarik kita luar biasa. Namun, tanpa sinergi antara pemerintah, pelaku wisata, dan content creator, potensi ini tidak akan optimal,” ujar Bupati Fahmi.
Ia menambahkan bahwa ke depan akan digulirkan program pendampingan yang menyasar pengembangan konsep destinasi, peningkatan daya tarik unik, serta perbaikan tata kelola dan manajemen wisata agar lebih efisien dan kompetitif. Selain itu, strategi pemasaran—terutama melalui kanal digital—akan menjadi fokus utama dalam menjangkau pasar yang lebih luas.
Editor : Tata Rahmanta