get app
inews
Aa Read Next : Forum Paguyuban Guru Boyolali Rayakan HUT Ke-5 Secara Sederhana

Masyarakat Desa Lencoh Lakukan Ritual Sedekah Gunung Merapi Pada Malam 1 Suro

Minggu, 07 Juli 2024 | 23:08 WIB
header img
Warga membawa kepala kerbau untuk Sedekah Gunung Merapi, Sabtu (6/7/2024). Foto: Humas Pemkab-Byl.

BOYOLALI, iNewsBoyolali.id – Setiap malam 1 Suro atau 1 Muharam masyarakat Desa Lencoh, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah menggelar tradisi unik, yakni ritual Sedekah Gunung Merapi yakni mempersembahkan kepala kerbau ke puncak Gunung Merapi.

Kegiatan Sedekah Gunung Merapi pada Sabtu (6/7/2024)malam di Joglo Mandala Selo ini dihadiri langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) Boyolali Wahyu Irawan, Kapolres Boyolali AKBP Petrus Parningotan Silalahi, Komandan Kodim 0724/Boyolali Letkol Wiweko Wulang Widodo, Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Boyolali, serta Kepala Desa se - Kecamatan Selo.

Dijelaskan Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Boyolali Budi Prasetyaningsih, Ritual Sedekah Gunung Merapi dilaksanakan dengan beberapa rangkaian acara. Diawali dengan Festival Tari Rakyat yang mementaskan 10 kelompok kesenian mulai pukul 13.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan wayang kulit mulai pukul 20.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB untuk prosesi pemberangkatan kepala kerbau ke puncak Merapi dan nanti akan dilanjutkan kembali pementasan wayang kulitnya.

Prosesi pemberangkatan kepala kerbau untuk dibawa kepuncak gunung diawali dengan doa-doa dan kemudian diserahkan oleh Wabup Iwan kepada Kepala Desa Lencoh yang kemudian dibawa naik ke puncak gunung sejauh 10 kilometer dari lokasi Joglo Mandala Desa Lencoh yang biasa ditempuh selama empat jam pendakian.

Editor : Tata Rahmanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut