get app
inews
Aa Read Next : Ops Pekat Candi 2024, Polres Boyolali Berhasil menangkap pembuat Petasan

Sadranan, Tradisi Menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan di Desa Gubuk

Rabu, 06 Maret 2024 | 18:08 WIB
header img
Warga Dukuh Gunung Wijil, Desa Gubuk membawa tenong menuju tempat pemakaman umum untuk mengikuti tradisi sadranan, Foto: Ist/

BOYOLALI, iNewsBoyolali.id – Menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan, Warga lereng Gunung Merbabu, tepatnya di Dukuh Gunung Wijil, Desa Gubuk, Kecamatan Cepogo, Boyolali, Jawa Tengah, menggelar tradisi sadranan. Tradisi yang dilakukan warga secara turun temurun tersebut untuk melestarikan budaya lokal dari para leluhurnya.

Mereka datang ke area pemakaman dengan membawa berbagai jenis makanan berikut lauk pauk serta buah buahan. Dengan tenong (tempat makanan) warga menuju lokasi pemakaman dengan berjalan kaki dengan menempuh jarak sekitar satu kilometer dari kampung.  

Sesampainya di lokasi pemakaman, warga menggelar tahlil dan doa bersama yang dipimpin oleh tokoh agama setempat. Setelah prosesi doa dan tahlil mereka menyantap makanan yang dibawa dari rumah secara bersama-sama. 

Menurut tokoh masyarakat dukuh setempat, Cipto Suwarno, tradisi sadranan ini dilakukan warga bertujuan untuk mengirim doa kepada ahli kubur atau nenek moyang yang telah meninggal dunia.

Editor : Tata Rahmanta

Follow Berita iNews Boyolali di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut