get app
inews
Aa Read Next : Ini yang Dilakukan Dalang Ki Gondo Wartoyo saat Pentas di Karanganyar

Puluhan Dalang di Wonogiri Deklarasi Dukung Capres Ganjar

Sabtu, 30 September 2023 | 21:31 WIB
header img
Dalang di Wonogiri Deklarasi Dukung Ganjar Pranowo, Foto: Ist/

WOOGIRI, iNewsBoyolali.id  –  Lebih dari 50 dalang di Wonogiri mendeklarasikan dukungan terhadap Ganjar Pranowo sebagai presiden RI. Acara tersebut di lakukan di salah satu rumah dalang di Desa Sumber Agung, Kecamatan Batuwarno, Kabupaten Wonogiri ini didukung oleh Forum Komunikasi Seniman dan Dalang Indonesia (FKSDI). Selain itu juga mendapat dukungan dari Relawan Dalang Wartoyo Wonge Ganjar Pranowo (DWGP).

"Acara malam ini dalam rangka deklarasi Mas Ganjar Pranowo menuju RI 1. Dari sekian capres, yang terbaik bisa merawat seni tradisi menggerakam budaya hanya Mas Ganjar. Makannya kami sepakat menuju RI 1," kata Ketua FKSDI Ki Gondo Wartoyo Jumat (29/9/2023).

Ia mengatakan FKSDI sudah terbentuk di 30 provinsi. Sementara itu deklarasi Ganjar sebagai presuden melalui kesenian sudah digelar di 25 tempat.

"Deklarasi tidak hanya di Jawa Tengah, sudah di berbagai wilayah Indonesia, sabang sampai merauke. Ada wayangan, jaranan jatilan dan lain-lain," kata dia.

Salah satu dalang di Wonogiri, Sudomo mengatakan dalang yang mengikuti deklarasi Ganjar menuju RI 1 ada 50 orang. Jumlah itu sekitar 90 persen dari dalang yang ada di Wonogiri.

"Kami siap mensukseskan Ganjar Pranowo sebagai preside. Karena 10 tahun jadi gubernur Jateng patut bangga dengan kepemimpinannya. Sehingga kelak bisa memimpin (Indonesia) lebih baik," ungkap dia.

Sudomo mengatakan alasan para dalang mendukung Ganjar pada dasarnya karena saat menjadi Gubernur peduli dengan wayang. Segala sesuatu yang berhubungan dengan wayang sering datang langsung.

"Ketika figur pemimpin peduli seni, apapun saya yakin akan membawa kedamaian ketentraman. Karena sifat dari budaya menentramkan jiwa dan sifatnya mempersatukan," kata Sudomo.

Editor : Tata Rahmanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut