LPEI Fasilitasi Desa Devisa Klaster untuk Tingkatkan Kapasitas Produksi Udang

Tata Rahmanta
.
Rabu, 07 Desember 2022 | 18:31 WIB
LPEI memberikan alat produksi kepada petambak di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Senin (5/12/2022).(Foto: Dok. LPEI).

JAKARTA, iNewsBoyolali.id — Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank sebagai Special Mission Vehicle Kementerian Keuangan RI meresmikan Desa Devisa Klaster Udang di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, (15/7/ 2022) beberapa waktu lalu.

Hal tersebut dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan ekosistem ekspor yang berkelanjutan sehingga dapat berkontribusi terhadap peningkatan ekspor nasional, karena Kabupaten Situbondo merupakan salah satu wilayah penghasil udang di Jawa Timur yang memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi komoditas unggulan ekspor terutama untuk udang Vaname.

Terdapat  ± 20 petambak udang yang tergabung dalm Kelompok Budidaya Ikan (Pokdakan) yang tersebar di 4 kecamatan dan 6 desa di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Sebagai tindak lanjut dari komitmennya, LPEI memberikan alat produksi berupa kincir air kepada petambak sebagai wujud pendampingan dari aspek produksi dalam rangka meningkatkan kapasitas produksi Desa Devisa Klaster Udang. Adapun alat produksi yang diberikan LPEI berjumlah 10 unit dengan penerima manfaat sebanyak 80 petambak.

Follow Berita iNews Boyolali di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini