Dari sisi penjualan, perlu adanya etika yang harus dijaga, supaya pembeli merasa lebih dihargai dengan sistem penjualan online. Mayoritas pelaku UMKM belum menyadari pentinganya etika dalam berjualan online.
“Akselerasi digital pascapandemi yang telah mengubah perilaku konsumen secara fundamental, dengan meningkatnya permintaan terhadap produk lokal yang otentik dan pengalaman wisata yang unik,” ujarnya.
Dosen London School of Public Relations (LSPR Jakarta), Yohanes Don Bosco Doho mengatakan, era digital harus dimanfaatkan dengan baik terutama untuk berbisnis online. Menjual produk lokal ke dunia digital harus menggunakan etika kejujuran.
“Kita harus belajar menjaga etika dalam berbisnis online supaya tidak kehilangan pasar karena tidak jujur,” ujarnya.
Selain kejujuran, etika bisnis online harus mengedepankan transparasi, menjaga data pelanggan dan menggunakan google form untuk pesanan. Kemasan produk juga harus inovatif da menarik.
Editor : Tata Rahmanta
Artikel Terkait
