Awali Panen Tembakau Petani Lereng Merbabu Boyolali Gelar Tradisi Tungguk Tembakau

Tata Rahmanta
Tradisi Tungguk Tembakau di Desa Senden, Kecamatan Selo, Boyolali, Kamis(3/8/2023).(Foto: iNewsBoyolali.id)

BOYOLALI, iNewsBoyolali.id –   Masyarakat Desa Senden, Kecamatan Selo, Boyolali  menggelar tradisi Tungguk Tembakau. Tradisi yang digelar saat mengawali panen tembakau di desa detempat. Tungguk dapat diartikan memetik. Ritual ini dimaksudkan sebagai wujud syukur para petani sebelum memulai panen tembakau yang dilakukan secara turun temurun oleh petani di lereng Gunung Merbabu wilayah Kabupaten Boyolali.

Ribuan warga tumpah ruah berpakaian adat tradisional mengikuti ritual dengan menggotong berbagai gunungan hasil bumi pada Kamis (03/08/2023). Masyarakat sekitar melakukan tradisi tahunan Tungguk Tembakau sebagai tanda syukur atas hasil panen tembakau tahun ini.

Pada acara Tungguk Tembakau, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo juga turut hadir untuk membuka prosesi Tungguk Tembakau. Orang nomor satu di Provinsi Jawa Tengah ini mengawali prosesi dengan memetik daun tembakau sebanyak 13 lembar sebagai tanda mengawali panen yang kemudian disematkan dalam gunungan tembakau yang dikirab masyarakat.



Editor : Tata Rahmanta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network