get app
inews
Aa Text
Read Next : BPOB Ajak Influencer Publikasi Pariwisata Berkelanjutan

Gandeng Generasi Pesona Indonesia Jateng-DIY, BPOB Maksimalkan Promosi Pariwisata

Kamis, 13 November 2025 | 19:43 WIB
header img
Komunitas GenPI Jogja dan Jawa Tengah diajak untuk ikut mempublikasikan destinasi wisata yang ada di kawasan otoritatif BPOB. (foto: istimewa)

YOGYAKARTA, iNewsboyolali.id - Badan Pelaksana Otorita Borobudur (BPOB) bersinergi dengan komunitas Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Purworejo, GenPI Jogja, GenPI Solo Raya untuk memaksimalkan publikasi destinasi wisata. Generasi milenial ini diajak untuk ikut memasarkan potensi pariwisata, budaya dan event lewat media sosial

Direktur Keuangan, Umum dan Komunikasi Publik BPOB, Yusuf Hartanto mengatakan, promosi dan publikasi pariwisata tidak bisa hanya maengandalkan metode konvensional. Namun harus memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. 

“Melalui kanal media sosial mereka, anak-anak GenPI kami ajak untuk  ikut mempublikasikan potensi wisata, kekayataan budaya dan event-event lain untuk memajukan kawasan di wilayah koordinatif BPOB,” kata Yusuf, Kamis (13/11/2025).  

Menurutnya, komunitas GenPI memiliki energi, kreativitas dan jejaring yang aktif dalam memproduksi serta mendistribusikan konten pariwisata yang menarik perhatian netizen. Kerja sama ini diinisiasi berdasarkan kesamaan visi untuk memajukan daerah melalui digital branding yang kuat.

“Promosi dan publikasi butuh tim digital yang bergerak cepat, seperti GenPI, untuk memastikan setiap potensi dan event di daerah yang menjadi koordinatif BPOB dapat langsung terekspos ke dunia melalui media sosial,” ujarnya. 

Kolaborasi ini menjadi langkah penting agar promosi dan publikasi wisata lebih terarah dan masif. Sinergi ini melingkupi spektrum yang luas, dari pemetaan potensi desa wisata, hingga penguatan digital storytelling untuk setiap festival. Tujuannya adalah memastikan informasi yang dibagikan tidak hanya informatif, tetapi juga memicu rasa penasaran dan keinginan untuk berkunjung.

Kolaborasi ini diwujudkan melalui tiga pilar aksi utama yang berorientasi pada hasil dan dampak. Komunitas ini akan diajak untuk berkolaborasi dalam konten visual dan naratif (foto,video pendek, threads Twitter) secara rutin. “Konten ini fokus pada keunikan daerah dan konsisten menggunakan keyword strategis,” katanya. 

Setiap agenda daerah, baik itu festival, budaya, kuliner, maupun kegiatan berbasis alam, akan dipetakan dan dipublikasikan secara serentak di seluruh kanal media sosial GenPI dan platform resmi BPOB. Hal ini untuk menghilangkan ‘missed information’ dan memastikan event tersebut mendapatkan exposure maksimal sebelum, selama dan sesudah pelaksanaanya. 

“Sinergi ini secara khusus mendukung upaya peningkatan awareness terhadap kawasan pariwisata yang berada di kawasan koordinatif,” katanya.  

Editor : Tata Rahmanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut