get app
inews
Aa Read Next : Mas Dokter Fauzan, Wakil Ketua Ansor Boyolali Daftar Bakal Cabup ke PKB

Ormas se Solo Raya Siap Jaga Pilkada 2024 Aman dan Kondusif

Senin, 21 Oktober 2024 | 11:25 WIB
header img
PC GP Anshor Kota Surakarta menggelar sarasehan menciptakan situasi aman dan kondusif jelang Pilkada Serentak 2024. Foto: Ist/

Anggota DPRD Kota Surakarta dari PKB, Mukaromah berharap, sebagai warga negara yang baik, sebagai warga masyarakat yang majemuk, hendaknya terus mengedepankan rasa toleransi, saling menyayangi dan  saling memiliki kota Solo.

“Mari kita menunjukkan kota Solo sebagai kota yang kondusif dan damai. Pilkada serentak 2024 harus berjalan dengan lancar dan aman,” tuturnya.

Sementara itu, tokoh masyarakat yang juga pendiri ormas Aliansi Rakyat Bergerak (ARB) Usman Amirodin, dalam paparannya menekankan tentang politik santun. Pria berusia 86 tahun ini menegaskan,  bahwa Pemilukada (Pilkada serentak th 2024)  adalah pesta demokrasi. Pilkada merupakan agenda konstitusi.  Maka dari itu, tidak boleh dikotori karena  Itu merupakan kunci.

“Pilkada dan Pelantikan Presiden itu tidak boleh dikotori dari pihak manapun.  Juga harus dijaga sebaik-baiknya agar kedua agenda ini berjalan aman, tertib, dan kondusif,” ujar Usman Amirodin.

Sedangkan Sigit Setiawan, perwakilan Kemenag Kota Surakarta meminta,  semua pihak untuk tetap mewaspadai potensi konflik yang muncul dalam perhelatan Pilkada 2024. Dua hal yang sering dihadapi dalam Pilkada, adalah politik uang dan kampanye hitam.

“Solo dari dulu sudah menjadi barometer perpolitikan nasional. Maka dari itu, diharapkan semua elemen masyarakat tidak menggunakan politik identitas, agama, gender dan suku dalam Pilkada 2024 “,  jelas Sigit Setiawan. 

Editor : Tata Rahmanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut