get app
inews
Aa Read Next : Hindari Motor Memotong Jalur, Mobil Kijang Terperosot ke Tepi Jalan di Boyolali

KKN UNDIP Melaksanakan Program Optimalisasi Produktivitas Petani di Desa Kendel Boyolali

Rabu, 07 Agustus 2024 | 18:18 WIB
header img
Petani bersama Tim KKN II Undip praktek membuat pupuk dari limbah ternak sapi dan sekam di di Desa Kendel, Kecamatan Kemusu, Kabupaten Boyolali. Foto: dok. Tim KKN II Undip

BOYOLALI, iNewsBoyolali.id – Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) II Universitas Diponegoro (Undip) periode 2023/2024 melaksanakan Program Optimalisasi Produktivitas Petani dengan memberikan sosialisasi dan pelatihan kepada para petani di Desa Kendel, Kecamatan Kemusu, Kabupaten Boyolali.

Kegiatan yang berlangsung di aula balai desa diikuti Gabungan Kelompok Tani ( Gapoktan) pada Kamis (01/8/2024) lalu.

Ketua Program kerja  Wildan Saputra menyampaikan optimalisasi produktivitas pertanian yang fokus pada tanaman pangan  menjadi salah satu peluang besar untuk mensejahterakan masyarakat. Salah satunya mengelola limbah ternak sapi (feses) sebagai bahan pupuk organik untuk mendukung sektor pertanian.

“Selain kotoran sapi dalam pembuatan pupuk juga membutuhkan sekam padi, Effective Microorganism 4 (EM4) sebagai larutan yang akan membantu proses dekomposisi dan molase sebagai sumber nutrien dan penyubur bagi bakteri dalam proses dekomposisi”. ujar Wildan.

Editor : Tata Rahmanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut