get app
inews
Aa Read Next : Kemenag Boyolali Menggelar Manasik Haji bagi Calon Jemaah Haji

Unik! Wayang Golek Dijadikan Sarana Dakwah di Bulan Ramadan

Rabu, 27 Maret 2024 | 23:06 WIB
header img
Pujiono saat berdakwah menggunakan sarana wayang golek di pendapa Kantor Kepala Desa Tempursari, Kecamatan Sambi, Boyolali, Foto: Ist/

BOYOLALI, iNewsBoyolali.id –  Pujiono seorang pendakwah asal Desa Tempursari,  Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah memiliki cara unik saat mengisi kegiatan pengajian yang digelar di pendapa Kantor Kepala Desa setempat, Jumat (22/3/2024) lalu. Pengajian disampaikan menggunakan sarana wayang golek.

Kepada wartawan, Ustadz Pujiono mengakui metode wayang golek dalam ceramah tersebut baru kali pertama dilakukan. Bahkan mungkin belum pernah ada sebelumnya, terutama di Boyolali. Alasannya memilih metode ceramah dengan wayang golek adalah agar selain bisa menghadirkan suasana beda juga tetap menyajikan nuansa dakwah.

“Sebab tembung atau kata-kata bisa menjadi tembang, dan tembang bisa menjadi sarana penyampaian tuntunan atau pesan moral. Semoga ini bisa menambah semangat dakwah dan gampang di mengerti oleh masyarakat,” katanya.

Pujiono lebih lanjut menjelaskan, bahwa kegiatan pengajian tersebut merupakan Pengajian Jumat Legi yang digelar oleh ibu-ibu dan untuk menampilkan wayang golek pitutur yang mengambil cerita tentang perjalanan spiritual Sunan Kalijaga.

Editor : Tata Rahmanta

Follow Berita iNews Boyolali di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut