get app
inews
Aa Read Next : Belum Mahir Mengemudi, Mobil Milik Warga Solo Terjun ke Lahan Pertanian di Boyolali

Keluarga Mantan Menteri Era Orde Baru Hibahkan Senjata Tradisional ke Museum Keris

Sabtu, 25 November 2023 | 21:32 WIB
header img
Kepala UPTD Museum Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Solo, Bonita Rintyowati saat menerima hibah keris dari masyarakat, Jumat (24/11/2023) malam. Foto: Ist.

SOLO, iNewsBoyolali.id –  Museum Keris Nusantara di Kota Solo menerima hibah puluhan koleksi keris dan senjata tradisional. Hibah antara lain dari keluarga AR Soehoed, mantan menteri kabinet pembangunan III di era orde baru.   

“Museum Keris Nusantara itu memang didirikan untuk menyimpan keris atau senjata dari seluruh Indonesia. Kami membuka diri bagi masyarakat yang memiliki senjata berusia tua namun tidak bisa merawat, bisa dititipkan ke kita,” kata Kepala UPTD Museum Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Solo, Bonita Rintyowati, Sabtu (25/11/2023).

Hibah terlebih dahulu harus melalui kurasi karena sering dijumpai senjata yang diserahkan hanya sekedar aksesoris. Sementara, kriteria benda yang bisa ditampilkan di museum antara lain dilihat dari bahan, serta dipastikan berasal dari zaman dahulu. Usia keris sudah lebih dari 50 tahun.

Sementara hibah yang diterima kali ini berupa 40 senjata tradisional. Selain berwujud keris, senjata yang diserahkan ada yang berupa mandau dan senjata dari Zambia. Hibah dari keluarga AR Soehoed berupa 30 bilah koleksi senjata tradisional nusantara dan manca negara. Selain itu juga ada dari Elda Rohmiati, warga Solo yang menghibahkan 10 bilah Koleksi.

Editor : Tata Rahmanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut