get app
inews
Aa Read Next : Kesiapan Pemilu 2024 Tim Desk Pemkab Boyolali Cek Distribusi Logistik

20 Duta Seni Boyolali Siap Dilepas untuk Misi Kebudayaan Pelajar Keliling Nusantara

Rabu, 11 Oktober 2023 | 14:18 WIB
header img
20 Duta Seni Boyolali Siap diberangkatakan dalam Misi Kebudayaan Pelajar Keliling Nusantara, Selasa (10/10/2023). (Foto: Diskominfo-Byl).

BOYOLALI, iNewsBoyolali.id – Sebanyak 20 pelajar pelajar terbaik SMP di Kabupaten Boyolali akan segera diberangkatkan sebagai Duta Seni dan Misi Kebudayaan Pelajar ke Nusantara Kabupaten Boyolali 2023. Pelapasan Duta Seni dilakukan langsung Bupati Boyolali, M. Said Hidayat di Gelanggang Anuraga, Kelurahan Siswodipuran, Kecamatan Boyolali, Selasa (10/10/2023).

Dilaporkan setelah melewati beberapa tahap seleksi, para Duta Seni dan Misi Kebudayaan Pelajar ke Nusantara Kabupaten Boyolali 2023 akan mendatangi kota besar di Indonesia. Kota pertama yakni Kota Makassar yang akan disambangi pada tanggal 13-16 Oktober 2023. Kota kedua yang akan didatangi yakni Kota Bandung pada tanggal 27 Oktober 2023-1 November 2023. Serta di Pulau Bali pada tanggal 17-20 November 2023.

Bupati Boyolali, M. Said Hidayat sangat mengapresiasi atas keberangkatan pelajar berkeliling Nusantara. Orang nomor satu di Kota Susu ini berpesan kepada para Duta Seni untuk selalu menjaga nama baik Kabupaten Boyolali.

“Inilah bagaimana Boyolali membangun. Kta semua harus memahami bahwa Boyolali membangun ini harus kita berikan dukungan kita persiapkan generasi yang hebat. Inilah anak anak hebat yang terpilih menjadi 20 duta seni angkatan tahun 2023. Yang terpenting adalah bagaimana menjaga nama baik Kabupaten Boyolali. Karena kalian menjadi duta duta seni yang akan membawakan beberapa tarian,” kata Bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Boyolali, Supana juga berharap dengan diberangkatkan para pelajar tersebut keliling Nusantara, mampu menambah pengalaman dan wawasan anak anak generasi penerus Kabupaten Boyolali.

“Untuk mempromosikan kesenian yang ada di Kabupaten Boyolali ke manca daerah di wilayah Republik Indonesia. Dan yang ketiga sebagai wahana untuk melestarikan kebudayaan khususnya seni yang ada di Kabupaten Boyolali,” kata Supana.

Dalam setiap keberangkatan, tim akan berisi 20 peserta. Mereka terdiri dari para Duta Seni dan Misi Kebudayaan Pelajar ke Nusantara Kabupaten Boyolali 2023 serta sejumlah pendamping. Antara lain, seniman, pejabat Pemerintah Kabupaten Boyolali, serta beberapa fotografer. 

Salah satu anggota Ketholeng Institut yang sekaligus anggota DPRD Kabupaten Boyolali, Ribut Budi Santoso mengungkapkan sebanyak 20 duta seni tahun 2023 tersebut telah memalui berbagai tahap.

“Pendaftaran sudah dimulai bulan Maret sampai bulan April. Yang kedua seleksi administrasi sudah kita laksanakan tanggal 14 April sampai 10 Mei dari hasil itu sejumlah 217 siswa yang mendaftar akhirnya yang memenuhi syarat administrasi menjadi 213,” jelasnya.

Setelah itu tahapan tes tertulis dilaksanakan pada tanggal 13 Mei 2023 dengan total 213 siswa yang dilanjutkan dengan tes wawancarai atau tes audisi tahap pertama tanggal 22 sampai tanggal 24 Mei yang lolos seleksi teks tertulis ada120 peserta. Selanjutnya, disaring melalui seleksi tahap kedua dari 120 menjadi 60 peserta itu tanggalnya 12-14 Juni 2023 kemudian audisi tahap ketiga ini sudah karantina dengan hanya 40 peserta dan terpilih 20 duta seni tahun 2023 yang telah siap berangkat keliling Nusantara.

Editor : Tata Rahmanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut