get app
inews
Aa Read Next : Santri Ponpes Darul Faizin Wonogiri Jago Ngaji dan Mahir Main Musik

Manfaatkan Air dari Goa Vertikal 180 Meter, Warga di Wonogiri Merdeka dari Kekeringan

Rabu, 23 Agustus 2023 | 19:25 WIB
header img
Warga di Desa Gendayakan, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah menikmati air yang diambil dari Goa Jomblang, Foto: Ist.

Kerja persaudaraan melibatkan Mahasiswa Pecinta Alam GAPADRI dari Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY), Padasuka (Padepokan Dakwah Sunan Kalijaga), PLN dan Djarum Foundation sukses mengangkat dan mendistribusikan air dari Goa Jomblang.

Di tahun ini, upaya peningkatan distribusi air dari Goa Jomblang mampu menghasilkan 144.000 liter air per hari yang bisa memenuhi kebutuhan 2.071 jiwa di Desa Gendayakan. Hingga Agustus 2023, air dari Goa Jomblang sudah disalurkan ke 720 warga di empat dusun yakni Dusun Ngejring, Gendayakan, Blimbing dan Pucung. Upaya berhasil memerdekakan warga desa dari kekeringan.

Deputy Program Director Bakti Sosial Djarum Foundation Achmad Budiharto mengatakan, pihaknya tergerak membantu mengatasi kesulitan yang dihadapi warga Gendayakan. Meski sudah menemukan sumber air bersih di Goa Jomblang, proses distribusi air bersih ke rumah-rumah warga tidak mudah. Goa Jomblang merupakan goa vertikal yang memiliki kedalaman 180 meter, atau setara dengan 45 lantai gedung bertingkat.

Editor : Tata Rahmanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut