get app
inews
Aa Read Next : Ratusan Jemaah Calhaj Boyolali Praktek Manasik Haji

Disdikbud Boyolali Serahkan Buku Hasil Kajian Cagar Budaya Tahun 2022

Rabu, 14 Juni 2023 | 11:47 WIB
header img
Kepala Disdikbud Kabupaten Boyolali Darmanto menyerahkan buku hasil kajian cagar budaya kepada Bupati Boyolali M. Said Hidayat di di Ruang Merbabu Kantor Bupati Boyolali, Rabu (14/6/2023).(Foto: dok. Diskominfo Byl).

BOYOLALI, iNewsBoyolali.id – Buku Hasil kajian Cagar Budaya di Kabupaten Boyolali tahun 2022 diserahkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Boyolali pada Selasa (13/6/2023) malam.  Acara yang sekaligus memperingati Hari Purbakala Nasional yang jatuh pada hari ini Rabu (14/6/2023) dilaksanakan di Ruang Merbabu Kantor Bupati Boyolali.

Dari keterangan Kepala Disdikbud Kabupaten Boyolali Darmanto  terdapat tiga hasil kajian cagar budaya benda yakni situs Gumuk Candi di Tlawong Kecamatan Sawit, Situs Batu Tulis di Kecamatan Cepogo, dan Situs Timboa di Lereng Gunung Merapi Kecamatan Gladagsari. Kemudian satu cagar budaya tak benda yaitu Tari Jangkring Ngenthis berasal dari lereng Gunung Merbabu, Kecamatan Gladagsari yang kedepannya jika memenuhi syarat akan diusulkan menjadi Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) ke Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

“Yang pasti dengan hasil kajian ini nanti kita sosialisasikan kepada masyarakat untuk bersama-sama kita jaga bersama-sama kita rawat sebagai fase kehidupan yang ada di Boyolali.” katanya.

Editor : Tata Rahmanta

Follow Berita iNews Boyolali di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut