get app
inews
Aa Read Next : Ada apa? Bupati dan Ketua DPRD Kabupaten Boyolali Datang ke Kantor BPK

Bupati Boyolali Medapat Penghargaan Peduli Kesehatan Jiwa Dari Kemenkes

Selasa, 11 Oktober 2022 | 22:33 WIB
header img
Bupati Boyolali M Said Hidayat menerima penghargaan dari Kemenkes Republik Indonesia. Selasa (11/10/2022). (foto : Diskominfo Boyolali)

"Jumlah total ODGJ di Boyolali hingga sekarang sebanyak 3.078 orang, jumlah memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) 2.839 orang, yang memiliki BPJS sebanyak 2.125 orang dan yang sudah ditangani atau diobati 1.807 orang," katanya.

Sementara itu, Bupati Boyolali M Said Hidayat mengatakan penanganan ODGJ sudah menjadi komitmennya bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dan seluruh lini kesehatan untuk memperhatikan saudara-saudara yang ada  gangguan jiwa di Kabupaten Boyolali.  Penanganan ODGJ ini, diawali sejak 2017 dengan cara pendataan seluruh di wilayah Boyolali.

Pendataan dilakukan melalui Dinas Kesehatan ke Puskesmas-Puskesmas dan melibatkan Pemerintah desa awalnya mencapai 2.658 ODGJ. Kemudian, data semakin dibenahi baik nama dan alamatnya.

"Kami melakukan monitoring di seluruh kecamatan di Boyolali terkait penanganan ODGJ dengan hati. Soal anggaran awalnya melalui sukarelawan karena penanganan ODGJ terbangun melalui kesadaran sukarelawan," katanya.

Editor : Tata Rahmanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut