Menengok Memetri Tuk Babon, Ritual Sedekah Sumber Air Agar Tetap Mengalir di Selo

Tim iNews.id
Ulu-ulu (Juru Kunci) Tuk Babon memimpin ritual Memetri Tuk Babon di Desa Selo, Kecamatan Selo, Boyolali, Rabu (21/8/2024). Foto: Humas Pemkab Byl

BOYOLALI, iNewsBoyolali.idTradisi budaya Ritual Memetri Tuk Babon atau sedekah sumber air dilakukan warga masyarakat Desa Selo, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa tengah pada hari Rabu (21/8/2024).

Tuk Babon adalah sumber mata air yang terletak di lereng Merbabu yang diyakini oleh warga sekitar sebagai mata air abadi yang tidak pernah habis meski musim kemarau. Tuk Babon mampu mencukupi kebutuhan air untuk masyarakat khususnya Desa Selo, Samiran, Lencoh dan Suroteleng.

Ritual Memetri ini merupakan agenda tahunan yang selalu dilakukan oleh warga Desa Selo untuk memohon berkah dari sumber mata air Tuk Babon pada tanggal 14 bulan Sapar Jawa. Ritual yang diawali dengan arak-arakan sesaji menyusuri jalan Desa Selo dibawa ke Tuk Babon yang berjarak tiga kilometer kemudian dipersembahkan kepada Yang Mbaurekso [Penunggu].

ditemui di lokasi Ulu-ulu (Juru Kunci) Tuk Babon Kasno Semiaji menjelaskan, ritual ini bertujuan untuk memohon berkah dari Tuhan agar air dari Tuk Babon iki akan selalu abadi dan mampu mencukupi kebutuhan masyarakat hingga ke generasi selanjutnya.

Editor : Tata Rahmanta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network