Menelusuri Kerajinan Lokal : Industri Mebel Desa Ngasinan Magelang Siap Mendunia

Tim iNews.id
Pekerja sedang membelah kayu untuk dijadikan papan sebagai bahan baku furniture di Desa Ngasinan, Grabag, Magelang. Foto: Dok. Tim Media Partnership KKN Kel. 9 MMTC Yogyakarta.

MAGELANG, iNewsBoyolali.id –  Saat ini usaha industri kerajinan menjadi salah satu penyokong perekonomian Indonesia khususnya di wilayah pedesaan. Dengan banyaknya ragam budaya tiap daerahnya menjadikan hasil kerajinan di Indonesia semakin berwarna. Hal ini dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi industri kerajinan di Indonesia untuk bisa dikenal hingga mancanegara.

Mufidah Jusuf Kalla, Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekarnas), menyampaikan bahwa “industri kerajinan memainkan peran strategis dalam perekonomian Indonesia karena secara historis dekat dengan kehidupan sehari-hari masyarakat. Sebagai bagian dari ekonomi kreatif, industri kerajinan mulai dari skala mikro hingga menengah mampu tumbuh pesat dan berkembang di seluruh pelosok tanah air”.

Desa Ngasinan, Grabag, Magelang terdapat sebuah perusahaan yang bergerak di bidang furniture atau mebel bernama UD Putra Cahaya. Tepatnya, terletak di Dusun Candi Wetan yang hasil produksinya sudah dipasarkan baik di daerah Magelang maupun luar Magelang. Seluruh keperluan produksi mebel mengandalkan suplai bahan baku yang berasal dari kebun di daerah Kabupaten Magelang dan Kabupaten Temanggung.

Tidak hanya memproduksi furniture secara mandiri, UD Putra Cahaya juga menjadi penyuplai bahan baku setengah jadi seperti papan untuk pabrik furniture di daerah Semarang dan Surabaya. Kemudian hasil produksi tersebut biasa dijual hingga ke mancanegara. Oleh karena itu, permintaan pasar lokal maupun luar negeri memengaruhi naik turunnya penjualan UD Putra Cahaya.

 


Furniture atau mebel produksi UD Putra Cahaya Desa Ngasinan, Grabag, Magelang. Foto: Dok. Foto: Dok. Tim Media Partnership KKN Kel. 9 MMTC Yogyakarta.


Editor : Tata Rahmanta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network