get app
inews
Aa Read Next : Gelar Malam Apresiasi Duta Genre Boyolali 2024 Berlangsung Meriah

Selamatkan Benda Cagar Budaya Melalui Kirab Budaya Tapak Nata

Minggu, 28 Juli 2024 | 21:17 WIB
header img
Prosesi membersihkan batu yang terdapat Tapak Nata batu yang terdapat jejak telapak kaki Susuhunan Pakubuwono X, di Desa Sumbung, Cepogo, Boyolali, Minggu (28/7/2024). Foto: iNewsBoyolali.id.

BOYOLALI, iNewsBoyolali.id – Budaya Tapak Nata dilakukan masyarakat Desa Sumbung, Kecamatan Cepogo di petilasan Tapak Nata yang merupakan salah satu petilasan Susuhunan Pakubuwono X, pada Minggu (28/7/2024). Kirab juga dimeriahkan dengan Pentas Reog mulai pukul 12.00 WIB hingga selesai dan Pentas Ketoprak Wahyu Manunggal pada pukul 19.00 WIB hingga selesai.

Kegiatan yang diselenggarakan dengan menggunakan anggaran Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Boyolali tersebut turut dihadiri oleh salah satu petinggi Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH) Puger.

Kepala Disdikbud Kabupaten Boyolali Supana menjelaskan, Tapak Nata ini merupakan sebuah benda cagar budaya yaitu batu yang terdapat jejak telapak kaki Susuhunan Pakubuwono X. Tapak berarti telapak kaki dan Nata berarti Raja. Konon ceritanya, sebelum mesanggrah di Pesanggrahan Paras, Susuhunan Pakubuwono X terlebih dahulu singgah di Sendangrejo, Desa Sumbung.

Watu Gilang (batu hitam) yang diinjak oleh Susuhunan Pakubuwono X yang kini disebut Tapak Nata tersebut diyakini oleh masyarakat setempat sebagai sebuah petuah dari peninggalan masa lalu yang dilestarikan bersama.

Editor : Tata Rahmanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut