get app
inews
Aa Read Next : Buka Festival Antikorupsi 2024, Bupati : Ayo Bergerak Bersama Cegah Korupsi

Bupati Klaten Membuka Kenduri Pengawasan Tahun 2023 di Graha Bung Karno

Rabu, 23 Agustus 2023 | 19:47 WIB
header img
Kenduri Pengawasan 2023 Inspektorat Daerah Kabupaten Klaten, Rabu (23/8/2023).(Foto: dok. Diskominfo-Klt).

KLATEN, iNewsBoyolali.id –  Serangkaian acara kegiatan Kenduri Pengawasan 2023 Inspektorat Daerah Kabupaten Klaten dengan tema "Berkolaborasi, Bergembira, Menuju Klaten Maju, Mandiri dan Sejahtera" telah resmi dibuka oleh Bupati Klaten, Rabu pagi (23/08/2023) di Graha Bung Karno Kabupaten Klaten.

Acara tersebut turut dihadiri oleh Wakil Bupati Klaten, Forkopimda Kabupaten Klaten, Sekretaris Daerah Kabupaten Klaten beserta jajarannya, Perwakilan KPK, Inspektorat Provinsi Jawa Tengah, Inspektur se Soloraya dan tamu undangan lainnya.

Rangkaian acara Kenduri Pengawasan ini terbagi menjadi 4 diantaranya yaitu Festival Korupsi, Festival Sekolah  Berintegritas, Expo Pengawasan dan Pelayanan Publik serta Pentas Musik.

Terdapat 28 peserta yang mengikuti acara expo pengawasan seperti KPK, BPKP, DKPP, DPUPR, DKUKMP, Disdukcapil, PDAM Tirta Merapi, Kepolisisan Resor Klaten, BPKPAD.

Plt Inspektur Kabupaten Klaten, Fajar Indriawan menjelaskan kenduri yang dilaksanakan oleh Inspektorat Kabupaten Klaten ini dimaknai berbeda dari biasanya. Biasanya kenduri identik dengan kegiatan perjamuan makan, namun kali ini Inspektorat Kabupaten Klaten mewujudkan kenduri dengan beberapa kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat luas.

“Inpektorat Klaten kali ini memaknai kenduri dengan cara yang berbeda. Bukan perjamuan makan, tapi kami wujudkan dengan beberapa kegiatan yang tentunya bermanfaat bagi masyarakat. Ada empat kegiatan yaitu festival musk anti korupsi yang diperuntukkan untuk siswa SMP berupa mengaransemen lirik untuk mengajak mencegah korupsi, festival sekolah berintergeritas yang berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan dalam rangka memperbaiki tata kelola sekolah dan pendidikan anti korupsi dan saat ini sudah ada 26 SD dan 40 SMP yang termasuk didalamnya, expo pengawasan dan pelayanan publik yang merupakan media promosi dari 28 pelayanan, serta pentas musik,” jelasnya.

Lebih lanjut, Fajar mengatakan kegiatan tersebut dilakukan dengan tujuan sebagai publikasi dari peran dan hasil Inspektorat Kabupaten Klaten, mensosialisasikan beberapa pelayanan publik serta mempererat masyarakat dan pemerintah. Dirinya pun berharap dengan kegiatan tersebut dapat menjadi salah satu upaya memperbaiki tata kelola pemerintahan.

“Kenduri pengawasan tidak hanya bisa dinikmati oleh pemerintah, sekolah atau lainnya tapi juga masyarakat secara luas. Kami harapkan kegiatan ini dapat menjadi salah satu upaya memperbaiki tata kelola pemerintahan, khususnya di Kabupaten Klaten,” imbuhnya.

Dalam Sambutannya Bupati Klaten Sri Mulyani menyampaikan Kenduri Pengawasan tersebut mensasar seluruh masyarakat termasuk siswa-siswi sekolah yang diharapkan mampu menjadi sosok yang membanggakan dan tentu sosok yang anti korupsi. Dirinya juga memaparkan bahwa ada beberapa stand-stand yang telah dipamerkan  oleh jajaran OPD Klaten berupa inovasi dan prestasi dari masing-masing OPD.

"Untuk anak-anak dari SD yang ikut dalam acara Kenduri Pengawasan ini anak-anak nanti akan kita ajarkan bagaimana menjadi sosok yang membanggakan, tapi menjadi sosok yang anti korupsi dan yang lainnya. Disini ada stand-stand, ada Adipura, BPKP, Bank Jateng, dan Disbudporapar dan lain-lain. Bapak, Ibu, semuanya harus melihat satu persatu yang dipamerkan oleh jajaran OPD Kabupaten Klaten,"imbuhnya.

Editor : Tata Rahmanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut