get app
inews
Aa Read Next : Langgar Kesepakatan, Bawaslu dan KPU Boyolali Copot APK di Jalan Pandanaran Boyolali

PKS Boyolali Daftarkan 50 Bacaleg ke KPU

Senin, 08 Mei 2023 | 20:38 WIB
header img
Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah secara resmi telah mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, Senin (8/5/2023).(Foto: dok. iNewsBoyolali.id).

BOYOLALI, iNewsBoyolali.id –  Sejumlah Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah secara resmi telah mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, Senin (8/5/2023).

Ketua DPD PKS Kabupaten Boyolali, Nur Arifin, mengatakan, pendaftaran caleg dari PKS ke KPU ini yang pertama kali. PKS mendaftarkan 100 persen dari kuota kursi.

"Alhamdulillah sebagai partai peserta pemilu kita daftar yang perdana. Kita mendaftarkan 100 persen dari kuota kursi, artinya kita mendaftarkan sejumlah 50 calon anggota DPRD Kabupaten Boyolali. Seluruh stel se-Dapil kita isi penuh," ujarnya, Senin (8/5/2023).

Nur Arifin menjelaskan, proses pendaftaran bacaleg tersebut semuanya sudah memenuhi peraturan perundangan, termasuk terkait dengan 30 persen keterwakilan perempuan. Kemudian susunan nomor dari perempuan juga sudah clear. "Semoga semuanya bisa lolos," ujarnya.

Terkait target, Nur Arifin menjelaskan, mengacu saat pelantikan di Musda, pihaknya memiliki target 8 kursi tersebar di seluruh Dapil. Di Kabupaten Boyolali total terdapat 5 Dapil.

"Kemarin kita mendapatkan 3 Dapil, jadi 3 Dapil yang memperoleh 1 kursi itu, kita menargetkan 2 kursi. Jadi 3 Dapil dapat 2 dan 2 Dapil yang lain yakni Dapil 2 dan Dapil 3 insyaallah kita akan mendapatkan kursi, sehingga total menjadi 8 kursi," ujarnya.

Ketua KPU Kabupaten Boyolali, Ali Fachrudin, mengatakan, per tanggal 8 Mei 2023, PKS menjadi partai pertama memasukkan dokumen persyaratan bakal calon anggota DPRD di tingkat Kabupaten Boyolali. Secara umum, PKS ini serentak secara nasional.

"Memang waktunya sesuai pengumuman kami membuka waktu dari tanggal 1 sampai 14 Mei 2023 untuk penyerahan dokumen bakal calon anggota DPRD di tingkat Kabupaten Boyolali. Sejauh komunikasi dengan 18 partai politik, mereka sudah menjadwalkan antara tanggal 10, 11, 12, dan 13," ujarnya.

Selanjutnya, pendaftaran bacaleg ke KPU Kabupaten Boyolali akan disusul partai politik lainnya. Partai Perindo, Partai Nasdem dijadwalkan tanggal 10 Mei 2023. PDI Perjuangan tanggal 11 Mei 2023. PPP, Partai Garuda antara tanggal 11 dan 12 Mei 2023.

Kemudian Partai Golkar, PAN, Partai Gerindra, PSI, PKB, Partai Demokrat dijadwalkan tanggal 12 Mei 2023. Sedangkan Partai Ummat antara tanggal 12 dan 13 Mei 2023.

"Untuk Partai Hanura, PKN, dan Partai Buruh belum konfirmasi karena mereka masih menunggu kebijakan dari wilayah," ujarnya.

Editor : Tata Rahmanta

Follow Berita iNews Boyolali di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut