get app
inews
Aa Read Next : Puluhan Hektar Tanaman Padi di Boyolali Diserang Hama Tikus

Lada Sambas Pembangkit Harapan Petani

Sabtu, 17 Desember 2022 | 16:44 WIB
header img
Petani lada di Desa Sendoyan, Kecamatan Sejangkung, Kabupaten Sambas Kalimantan Barat sedang memanen lada. (Foto: Dok.LPEI).

Kapasitas produksi lada ini dapat mencapai 1.800 botol tiap bulannya hingga kini, produk lada bubuk Sambas masih dipasarkan secara lokal melalui toko sembako  dan pelaku usaha kuliner. Namun tentu tidak menutup kemungkinan bagi komoditas primadona  Kabupaten Sambas ini untuk menembus pasar yang lebih luas tidak hanya di daerah perkotaan  tapi juga hingga ke pelosok Indonesia.

Banyak dukungan yang datang dari berbagai pihak untuk membantu warga Sambas mengembangkan usahanya dan meningkatkan mutu dan kualitas lada. Salah satunya adalah Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank melalui program Desa Devisa.

Program ini memberikan pendampingan dan pelatihan kepada petani dalam perihal produksi, pemasaran, dan kebijakan sehingga produk lada Sambas bisa segera merambah pasar ekspor. Mimpi tinggi petani Sambas untuk menghantarkan produknya ke panggung global pun perlahan menjadi pasti. Tak disangka, rempah yang mulanya semata penyedap rasa makanan bagi banyak orang bisa menjadi pembangkit asa bagi warga desa di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat.

 

Editor : Tata Rahmanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut