YOGYAKARTA, iNewsboyolali.id - Badan Pelaksana Otorita Borobudur (BPOB) bersinergi dengan komunitas Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Purworejo, GenPI Jogja, GenPI Solo Raya untuk memaksimalkan publikasi destinasi wisata. Generasi milenial ini diajak untuk ikut memasarkan potensi pariwisata, budaya dan event lewat media sosial.
Direktur Keuangan, Umum dan Komunikasi Publik BPOB, Yusuf Hartanto mengatakan, promosi dan publikasi pariwisata tidak bisa hanya maengandalkan metode konvensional. Namun harus memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
“Melalui kanal media sosial mereka, anak-anak GenPI kami ajak untuk ikut mempublikasikan potensi wisata, kekayataan budaya dan event-event lain untuk memajukan kawasan di wilayah koordinatif BPOB,” kata Yusuf, Kamis (13/11/2025).
Menurutnya, komunitas GenPI memiliki energi, kreativitas dan jejaring yang aktif dalam memproduksi serta mendistribusikan konten pariwisata yang menarik perhatian netizen. Kerja sama ini diinisiasi berdasarkan kesamaan visi untuk memajukan daerah melalui digital branding yang kuat.
“Promosi dan publikasi butuh tim digital yang bergerak cepat, seperti GenPI, untuk memastikan setiap potensi dan event di daerah yang menjadi koordinatif BPOB dapat langsung terekspos ke dunia melalui media sosial,” ujarnya.
Kolaborasi ini menjadi langkah penting agar promosi dan publikasi wisata lebih terarah dan masif. Sinergi ini melingkupi spektrum yang luas, dari pemetaan potensi desa wisata, hingga penguatan digital storytelling untuk setiap festival. Tujuannya adalah memastikan informasi yang dibagikan tidak hanya informatif, tetapi juga memicu rasa penasaran dan keinginan untuk berkunjung.
Editor : Tata Rahmanta
Artikel Terkait
