Yoni dan Pipa Saluran Kuno Ditemukan Warga Ringinlarik Boyolali

Tim iNews.id
Warga menunjukkan sebuah yoni yang ditemukan di belakang rumah, di Desa Ringinlarik, Kecamatan Musuk, Boyolali, Kamis (26/9/2024). Foto: Ist/

BOYOLALI – Sebuah benda yang diduga yoni dan pipa saluran kuno ditemukan  warga Desa Ringinlarik, Kecamatan Musuk, Kabupaten Boyolali di belakang rumah pada Rabu (25/9/2024) kemarin.

Adanya temuan tersebut oleh komunitas pegiat sejarah Mbo’jalali langsung dilaporkan ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Boyolali dan Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah X Jateng-DIY.

Ditemui dilokasi penemuan salah satu anggota Mbo’jalali, Mei Prabowo menyampaikan bahwa benda-benda temuan tersebut berupa  yoni tanpa lingga, fragmen arca kecil tersisa telapak kaki beserta landasan, kemudian ada tatanan batuan menyerupai pagar.

Selain itu ada bagian kemuncak, batuan candi, hingga terakota pipa saluran kuno yang sebagian besar masih dalam kondisi utuh. Temuan-temuan itu diduga bagian dari Candi Tawangsari.

“Awalnya pada 21 September 2024 lalu ada warga setempat menyatakan lokasinya sebagai Candi Tawangsari, dan Mereka mengenali adanya peninggalan di lokasi tersebut dan ada sebaran batu-batu candi di permukaan,” ucapnya dia, Kamis (26/9/2024).

Editor : Tata Rahmanta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network