Tradisi Buka Luwur Makam Syech Maulana Ibrahim Magribi Akan Digelar Jumat Esok

Tim iNews.id
Tradisi Buka Luwur di Makam Syech Maulana Ibrahim Magribi di Desa Candisari, Kecamatan Gladagsari, Kabupaten Boyolali. Foto: Ilustrasi

BOYOLALI, iNewsBoyolali.id – Memasuki hari keduapuluh Bulan Muharram atau Suro pada penanggalan Jawa,  tradisi Buka Luwur di Makam Syech Maulana Ibrahim Magribi di Desa Candisari, Kecamatan Gladagsari, Kabupaten  Boyolali akan kembali digelar.

Diungkapkan oleh Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Boyolali, Budi Prasetyaningsih bahwa agenda rutin tahunan tersebut akan digelar pada hari Jumat terakhir di bulan Suro, yakni besok pada hari Jumat (02/08/2024).

“Tujuannya yang pertama adalah berdoa. Jadi yang namanya Buka Luwur itu mengganti kain penutup dari makam, diganti dengan kain yang baru. Tujuannya memang untuk berdoa disana, untuk mendoakan leluhur kemudian kita juga bisa ngalap berkah. Tetapi yang terpenting adalah mendoakan leluhur,” terangnya saat ditemui di Gedung DPRD Kabupaten Boyolali pada Rabu (31/07/2024).

Terdapat lima makam yang diganti kainnya yakni makam tersebut yakni Syech Maulana Ibrahim, Maghribi Dewi Nawangwulan, Ki Ageng Pantaran, Ki Ageng Mataram dan Ki Ageng Kebo Kanigoro.

Editor : Tata Rahmanta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network