Menuju Pesantren Mandiri di Era Digital, PKM UBY Optimalkan Potensi Ponpes YPI Syahda

Tim iNews.id
Tim dosen UBY memberikan pelatihan dan Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat di Ponpes YPI Syahda, Simo, Boyolali. Foto: Dok. PKM UBY.

BOYOLALI, iNewsBoyolali.idPondok pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam yang berperan penting dalam menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan nilai kemanusiaan, serta memberdayakan umat Islam Indonesia yang berdaya tahan terhadap berbagai perubahan kehidupan. Oleh karena itu, pesantren harus membekali setiap santrinya dengan kemampuan untuk bisa berkembang di era Society 5.0 seperti saat ini. Para santri perlu dibekali dengan ilmu pengetahuan khususnya bidang pertanian, kewirausahaan serta pengetahuan bidang IT agar melek digitalisasi.

Tim dosen Universitas Boyolali (UBY) pada 29 Juni 2024 lalu, melakukan kegiatan kepada masyarakat yang merupakan program bantuan hibah pendanaan dari Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DRTPM), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Tahun Anggaran 2024 skema Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat (PKM).

Dalam kegiatan ini tim dosen bekerja sama dengan Pondok Pesantren YPI Syahda, Simo, Kabupaten Boyolali yang dipimpin oleh Dr. H. Dasmadi, SE., MM; memberikan pelatihan terkait motivasi berwirausaha yang diberikan oleh Yunita Niqrisah Dwi Pratiwi, SE., MSi selaku instruktur sekaligus anggota tim, sosialisasi digital marketing serta workshop cara mendaftarkan produk ke market place diberikan oleh Ari Wahyono, S.Kom., MCs selaku pemateri sekaligus sebagai anggota tim; selanjutnya pelatihan sistem pertanian terpadu diberikan oleh Ir. Sigit Muryanto, MP selaku Dosen Pertanian Universitas Boyolali. Selain tim dosen, kegiatan ini juga melibatkan beberapa mahasiswa.

Ketua tim PKM Donna Setiawati, S.Kom., MM menjelaskan tema kegiatan ini adalah Entrepreneurship di Pondok Pesantren YPI Syahda Boyolali Melalui Penerapan Agribisnis Terpadu dan Pengembangan Jiwa Wirausaha dengan Pemasaran Berbasis E-Commerce Menuju Pesantren Mandiri di Era Digital.

Editor : Tata Rahmanta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network