Masyarakat Desa Lencoh Lakukan Ritual Sedekah Gunung Merapi Pada Malam 1 Suro

Tim iNews.id
Warga membawa kepala kerbau untuk Sedekah Gunung Merapi, Sabtu (6/7/2024). Foto: Humas Pemkab-Byl.

Usai pemberangkatan kepala kerbau, gunungan-gunungan bersusun hasil bumi seperti umbi-umbian akan diperebutkan oleh masyarakat Desa Lencoh. Menurut kepercayaan masyarakat, hasil bumi yang didapatkan akan membawa berkah bagi mereka.

"Dengan nguri-uri budaya itu artinya kita juga menarik wisatawan untuk hadir di Kabupaten Boyolali, selain itu tentunya hal seperti ini baik kita lakukan karena dampaknya masyarakat disini jadi lebih guyub karena pelaksanaan ini adalah kolaborasi antara pemerintah dengan masyarakat Desa Lencoh." katanya.

Sementara itu, tokoh masyarakat Desa Lencoh, Hardi, ritual ini sudah ada sejak jaman nenek moyang mereka yang masih dilestarikan. Menurutnya, hal ini wajib dilakukan agar masyarakat Desa Lencoh selalu diberi keselamatan karena Gunung Merapi adalah gunung yang masih aktif.

"Kepercayaan masyarakat sini yang jelas tidak berani untuk meninggalkan ritual seperti ini karena ritual ini merupakan kepercayaan yang harus dilaksanakan untuk mohon keselamatan karena gunung Merapi merupakan salah satu gunung berapi yang aktif." terangnya.

Editor : Tata Rahmanta

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network