Poster Sekda Klaten Berlogo PDIP Mendapat Sorotan

Tim iNews.id
Poster Sekretaris Daerah Kabupaten Klaten, Jajang Prihono yang mendapat sorotan, foto: Ist/

KLATEN, iNewsBoyolali.idPoster bergambar Sekretaris Daerah Kabupaten Klaten, Jajang Prihono mendapat sorotan dari masyarakat. Pasalnya, poster-poster tersebut terdapat logo PDIP.

“ASN memiliki asas netralitas yang diamanatkan dalam Undang-Undang tentang ASN. Dalam aturan itu disebutkan bahwa ASN dilarang menjadi anggota dan atau pengurus partai politik,” jelas Dwi Harjoko, koordinator Perhimpunan Pemuda Pemudi (Permadi) Kabupaten Klaten, Rabu (12/6/2024) siang.

Menurut Dwi, sesuai UU itu ASN pun diamanatkan untuk tidak berpihak dari segala bentuk pengaruh manapun dan tidak memihak kepada kepentingan siapapun. Semestinya pejabat bisa memberikan contoh.

“Beliau (Sekda) yang saat ini memiliki jabatan bukan kaleng-kaleng memberikan contoh pada masyarakat. Lha ini malah pasang baliho dengan logo parpol di atasnya,” jelas Dwi.

“Menurut saya tidak paham aturan dan netralitas ASN, terlihat di beberapa daerah, Karanganom, Polanharjo, depan pom bensin Jonggrangan, di billboard terpasang gambar Sekda tapi background merah ada logo partai,” jelas Indra.

Ditambah lagi, sebut Indra, terkait Jajang yang mendaftar sebagai calon bupati dari PDIP. Padahal mestinya ASN wajib netral.

“PNS wajib menjaga netralitasnya dengan cara terbebas dari pengaruh maupun intervensi semua golongan dan partai politik. UU ASN 20/ 2023 di dalamnya mengatur bahwa ASN wajib menjaga netralitas,” imbuhnya.

Editor : Tata Rahmanta

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network