Sambut Ramadhan, Ratusan Siswa SD MPK Banyudono Ikuti Pawai Tarhib

Tim iNews.id
Ratusan Siswa SD MPK Banyudono, antusias Ikuti Pawai Tarhib Ramadhan, Sabtu (09/03/2024).Foto/ Ist

BOYOLALI, iNewsBoyolali.id – Sekolah Dasar Muhammadiyah Program Khusus  (SD MPK) Banyudono, Boyolali, menggelar Pawai Tarhib Ramadhan 1445 Hijriyah, Sabtu (09/03/2024). Kegiatan tersebut sengaja dilakukan untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan.

Pawai diikuti oleh ratusan siswa dari kelas satu hingga enam berserta guru. Pawai dimulai dari halaman sekolah menuju alun alun Pengging yang jaraknya lebih dari satu kilo meter dan kembali ke sekolahan.

Dalam pawai tersebut ratusan siswa membawa berbagai poster yang bertuliskan ajakan untuk berpuasa dan juga selamat datang Ramadhan. Selain itu mereka membawa alat-alat perkusi sederhana seperti kentungan, galon, pianika, botol, dan juga rebana.

Kepala SD Muhammadiyah PK Banyudono, Pujiono, menjelaskan kegiatan tarhib tersebut memiliki tema Gema Ramadan Ceria.

“Pada Ramadan 1445 Hijriah ini, ada program tarhib Ramadan, ada one day one juz untuk guru dan karyawan, ada kultum siswa menjelang buka puasa selama 30 hari. Ada juga kultum guru menjelang sahur, juga 30 hari,” katanya, Sabtu (09/03/2024).

Ia menambahkan, SD Muhammadiyah PK Banyudono selama Ramadan akan mengadakan bakti sosial berupa pembuatan parsel Lebaran dari siswa yang akan dibagikan kepada kaum duafa sekitar sekolah. Kemudian, terdapat pula pesantren kilat, pengumpulan zakat fitrah, dan buka puasa bersama.

“Semoga amal ibadah kita semua pada tahun ini lebih baik dibanding tahun lalu dan bisa melaksanakan secara tuntas dan sehat,” jelas dia.

Sementara itu, Ketua Panitia Ramadan Ceria sekaligus guru SD Muhammadiyah PK Banyudono, Siti Maratus Sholikah, menjelaskan agenda setiap tahun sekali ini rutin diadakan dan saat ini dikuti semua siswa yaitu 498 siswa.

Menurut Ikah, pada acara ini juga di adakan penerbangan balon berisi kertas harapan dan target para siswa. Penerbangan balon tersebut diharapkan dapat membuat siswa gembira dan memberi semangat siswa untuk mencapai target yang ditulis.

“Kami juga berharap anak-anak bisa menyiapkan bagi dari segi ilmu dan fisik dalam menghadapi bulan Ramadan. Sehingga, ibadahnya lebih baik saat Ramadan,” ucapnya.

Salah satu siswa, Yumna Amillabiba, mengaku senang dengan diadakannya pawai tarhib Ramadan tersebut dan nanti akan puasa.

“Targetnya saat Ramadhan bisa puasa penuh, khatam 30 juz, dan menambah kebaikan lain,” katanya.

Editor : Tata Rahmanta

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network