Inovasi Mahasiswa UNS Ciptakan Alat Permainan Edukatif Mitigasi Bencana untuk Anak

Tata Rahmanta
Tim mahasiswa inovatif mencipta Fumi Card, Foto: Ist.

SOLO, iNewsBoyolali.idMahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) berinovasi menciptakan permainan edukatif mitigasi bencana dengan merek 'Fumi Card'. Inovasi mahasiswa ini terlaksana melalui program kreativitas mahasiswa yang dimulai sejak bulan Juni tahun ini.

Velisa Nur'aini, ketua tim mahasiswa dalam kesempatannya menjelaskan bahwa inovasi ini tercetus setelah melihat tingginya angka jumlah anak-anak yang menjadi korban bencana alam.

"Anak-anak adalah korban yang paling rentan saat terjadi bencana alam. Bahkan setelah terjadi bencana alam, anak-anak sangat rawan menjadi korban" ujarnya, (Minggu/22/08/2023)


Sejumlah siswa SD sedang bermain Fumi Card, Foto: Ist.

Melalui inovasi ini, Velisa berharap anak-anak menjadi lebih mengerti tentang mitigasi bencana alam sehingga anak dapat lebih siaga saat berada di wilayah yang sedang terjadi bencana alam.

Tim mahasiswa inovatif tersebut terdiri dari 5 orang personel, yakni Velisa Nur'aini (Ketua Tim), dengan anggota Illiyyin Putuhana, Khofifah Imania, Izza Laila Nur Rohmah, dan Salsa Dilla Deva Pramudhita. Sementara itu bertindak selaku dosen pembimbing adalah Ibu Fairusy Fitria, S.Pd., M.Pd yang berasal dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Inovasi mahasiswa ini berkorelasi dengan bidang keilmuan di FKIP UNS. Permainan edukatif Fumi Card ini dapat menjadi media pembelajaran yang dapat diterapkan oleh guru Sekolah Dasar dalam pembelajaran kebencanaan.

"Melalui inovasi ini, kami berharap guru dan tenaga pendidik dapat memiliki inivasi pembelajaran yang menarik perhatian siswa dan tidak membosankan" Tambahnya,

Salah satu sekolah dasar di kota Surakarta yaitu SD Negeri Beskalan telah mencoba untuk melaksanakan sosialisasi pengenalan mitigasi bencana alam pada siswa menggunakan media Fumi Card.

"Pembelajaran melalui permainan adalah cara yang paling efektif untuk mengajarkan ilmu pada anak" Ujarnya.

Permainan edukatif Fumi Card dirincikan sebagai inovasi untuk pemahaman mitigasi bencana anak usia 8 tahun keatas. Produk ini telah terjual di pasaran berbasis offline maupun online dengan dibandrol harga sekitar 65 ribu. Bagi yang tertarik, bisa mendapatkan produk ini di platform shopee fumicard.id. Produk ini juga dapat dijumpai pada sosial media resmi dari Fumi Card, bisa dikunjungi melalui platform Instagram @fumi.card.

Editor : Tata Rahmanta

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network