Disnakkan Boyolali Gencar Lakukan Pemeriksaan Hewan Kurban

Tata Rahmanta
Disnakkan Kabupaten Boyolali melakukan pemeriksaan antemortem untuk hewan ternak yang akan dijadikan kurban, Jumat (16/6/2023). (Foto: dok. Diskominfo Byl).

Disampaikannya, pengecekan yang dilakukan adalah suhu badan, umur yang cukup, gigi ternak, tidak cacat dan tidak berpenyakit. Hari ini sudah dilakukan pemeriksaan yang bersamaan di beberapa tempat seperti di Kecamatan Teras, Karanggede, Simo dan Ngemplak. Dikatakan perempuan yang akrab disapa Afi ini, selanjutnya ia bersama tim akan berkeliling di seluruh wilayah Kabupaten Boyolali untuk melakukan pemeriksaan yang sama.

Pada pemeriksaan kali ini, Afi membeberkan sudah ada beberapa temuan penyakit seperti diare dan sakit mata akibat cuaca panas dan perjalanan jauh. Kemudian ada pula penyakit menular yang beberapa waktu marak seperti Lumpy Skin Disease (LSD) pada lima ekor sapi dan selanjutnya akan diisolasi dan diobati terlebih dahulu.

Afi mengatakan, pihaknya dan tim siap jika nanti ada peternak maupun takmir masjid yang membutuhkan bantuan medis untuk pemeriksaan hewan ternak yang akan dijadikan korban bisa menghubungi Disnakkan Kabupaten Boyolali.



Editor : Tata Rahmanta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network