Kesenian dan Arak - arakan Gunungan Hasil Bumi Mengawali Festival Merapi Merbabu di Klakah

Tata Rahmanta
Festival Merapi Merbabu. di Desa Klakah, Kecamatan Selo, Boyolali pada Sabtu (27/5/2023).( Foto: dok. iNewsBoyolali.id).

BOYOLALI, iNewsBoyolali.id –  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Boyolali menggelar agenda yang rutin dilakukan setiap tahunnya yakni Festival Merapi Merbabu. Kegiatan yang bertujuan untuk melestarikan budaya tersebut dilaksanakan di Desa Klakah, Kecamatan Selo pada Sabtu (27/5/2023).

Dijelaskan Kepala Disdikbud Kabupaten Boyolali Darmanto, Festival Merapi Merbabu ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang mulai dilaksanakan pada tahun 2022 serta bertujuan untuk mengapresiasi para seniman di kawasan lereng Merapi Merbabu seperti Kecamatan Selo, Cepogo, Musuk, Tamansari, Ampel, dan Gladagsari. 

Kegiatan Festival Merapi Merbabu ini dimulai dengan arak-arakan gunungan hasil bumi berupa sayuran, yang kemudian dilanjutkan dengan perform seni tari oleh 15 kelompok seni dari enam kecamatan lereng Merapi Merbabu. Selanjutnya setelah magrib akan ditampilkan kelompok Hadroh dari Kecamatan Selo dan kelompok Sholawatan dari Kecamatan Ampel.

"Harapan kami tentu membangkitkan kembali semangat para seniman untuk terus berkarya, juga generasi muda untuk terus melestarikan budaya, dan juga efek dominannya bisa kita saksikan juga UMKM juga bekerja sehingga ada multiefek meningkatkan pendapatan masyarakat." terangnya.

Sementara itu, Bupati Boyolali M. Said Hidayat yang membuka acara tersebut secara resmi mengatakan bahwa Festival tersebut merupakan wujud rasa syukur masyarakat Kabupaten Boyolali kepada Tuhan Yang Maha Esa atas hasil bumi yang dilimpahkan dan wujud rasa cinta pada daerah serta Republik Indonesia.

"Harapan kita nanti dapat secara berkesinambungan diagendakan tiap tahunnya, karena disisi lain bukan hanya bersyukur dan menjaga kearifan lokal tetapi bagaimana salah satu upaya mendukung dari sisi kepariwisataan." ungkapnya.

Editor : Tata Rahmanta

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network