Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana, Boyolali Gelar Apel Siaga

Tata Rahmanta
Bupati Boyolali M Said Hidayat didampingi Kapolres Boyolali AKBP Asep Mauludin melihat perlengkapan penanggulangan bencana, Rabu (26/10/2022). (Foto: iNewsBoyolali.id)

BOYOLALI,iNewsBoyolali.id – Pemerintah Kabupaten Boyolali, dan tim gabungan dari OPD, jajaran Forkopimda serta Polres menggelar apel siaga bencana dalam rangka kesiapsiagaan penanggulangan bencana, yang di adakan di halaman mapolres Boyolali, Rabu (26/10/2022).

Pada acara apel siaga bencana tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Boyolali M Said Hidayat.

Bupati mengatakan, sebagai langkah bersama dalam kesiapsiagaan upaya bagaimana penanggulangan bencana alam di Kabupaten Boyolali dapat ditangani sebaik-baiknya. Maka diperlukan langkah apel siaga bencana untuk mengecek baik personil dan peralatan yang akan digunakan untuk mengantisipasi bencana alam.

"Untuk itu, kehadiran TNI, Polri, dan seluruh masyarakat di Boyolali perlu kami bangun komunikasi dan koordinasi yang baik sehingga upaya kebersamaan dalam penanganan bencana di lapangan berjalan lancar," kata Bupati kepada awak media usai apel siaga bencana.

Boyolali yang terletak geografis mayoritas pegunungan yang sudah dipetakan oleh BPBD setempat bahwa ada tebing yang berpotensi tanah longsor, sungai meluap berpotensi banjir dan angin puting beliung. Hal ini, yang harus diperhatikan bersama.

Pihak pemerintah Boyolali melalui BPBD Kabupaten Boyolali juga sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat sebagai antisipasi bencana alam banjir, tanah longsor, dan angin puting beliung.

Sementara itu, Kapolres Boyolali AKBP Asep Mauludin menjelaskan, Polres Boyolali bersama TNI siap untuk mendukung jika terjadi bencana baik itu sebelum maupun pada saat dan setelahnya di wilayah Boyolali.

“Polres telah menyiapkan kekuatan antara lain satu peleton pasukan Satuan Samapta, dua unit kendaraan angkut pasukan, perlengkapan SAR, dan perlengkapan lain untuk penanggulangan bencana alam di lapangan,” ucapnya.

Baik kapolres dan Bupati juga tetap menghimbau kepada masyarakat agar tetap waspada terhadap bencana di lingkungannya seperti banjir, tanah longsor, dan angin puting beliung pada musim hujan ekstrem saat ini. Jika terjadi bencana segera melaporkan ke BPBD agar segera ditangani.

 

Editor : Tata Rahmanta

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network