get app
inews
Aa Read Next : Melestarikan Warisan Leluhur, Disdikbud Boyolali Gelar Lomba Permainan Tradisi

Uji Kesiapan Personil, Bandara Adi Soemarmo Gelar Latihan PKD

Kamis, 03 Oktober 2024 | 21:40 WIB
header img
Latihan Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) ke-118 di Bandara Internasional Adi Soemarmo, Boyolali, Kamis (3/10/2024). Foto: Ist/

BOYOLALIBandara Internasional Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah, menyelenggarakan latihan Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) ke-118, Kamis (3/10/2024).  Kegiatan yang dilakukan setiap dua tahun sekali ini diikuti oleh gabungan antara airport dan stakeholder Solo, ada dari Bandara Adi Soemarmo, TNI AU, Angkatan Darat, AirNav, total ada 410 personil.

General Manager Bandar Udara Adi Soemarmo, Erick Rofiq Nurdin menyampaikan kegiatan latihan PKD dilaksanakan untuk menguji dokumen kesiapan personil, koordinasi dan komunikasi antar stakeholder. Sehingga, saat terjadi keaadan darurat di bandara mereka bisa saling berkolaborasi untuk melakukan penanganan dan penyelamatan penupang.

"PKD harus selalu dilakukan dan para personil di Solo ini luar biasa, kami dibantu rekan-rekan dari lanud," katanya.

Pada PKD kali ini ada 3 kegiatan latihan yang dilakukan, yakni simulasi adanya demonstrasi, peristiwa kebakaran di area terminal dan pesawat terbakar.

"Dalam Latihan simulasi ada demonstrasi massa. Ketika darurat kuning kami sudah tidak bisa mengatasi, keadaan darurat tersebut beralih ke darurat merah. Maka lanud TNI AU dipimpin oleh komandan lanud akan mengambil alih keamanan bandara. Sehingga itu sangat memudahkan kami untuk mengatasi demonstrasi massa," terangnya.

Sementara itu, Komandan Lanud Adi Soemarmo, Marsma TNI Bambang Juniar Djatmiko mengatakan kegiatan PKD sangat penting dilakukan untuk menjaga profesionalisme personil di bandara dan seluruh stakeholder.

Sehingga, tambah Marsma TNI Bambang Juniar Djatmiko, para personil paham apa yang harus dilakukan saat terjadi emergency.

"Jadi, saat terjadi emergency pesawat atau kejadian-kejadian diluar kebiasaan normal, mereka sudah siap, mulai dari avsec bandara, pemadam kebakaran maupun manajemennya. Sehingga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan mereka sudah sangat paham dengan apa yang harus dilakukan dan harus dipastikan dengan gladi lapangan seperti ini," pungkasnya.

Editor : Tata Rahmanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut