get app
inews
Aa Read Next : Rayakan HUT Ke-79, PMI Boyolali Gelar Berbagai Kegiatan Sosial

Tradisi Sebaran Apem Kukus Keong Mas di Banyudono Berlangsung Meriah

Sabtu, 24 Agustus 2024 | 10:50 WIB
header img
Ribuan warga berebut kue apem dalam tradisi Saparan sebaran apem kukus keong mas di kawasan wisata Pengging, Banyudono, Boyolali, Jumat (23/08/2024). Foto: Humas Pemkab Byl

BOYOLALI, iNewsBoyolali.id – Sedikitnya 40.000 apem kukus keong mas disebar dalam Tradisi Saparan sebaran apem kukus keong mas di kawasan wisata Pengging, Kecamatan Banyudono, Kabupaten Boyolali pada Jumat  (23/08/2024) sore.

Ketua panitia, Kanjeng Pangeran Siswantodiningrat mengungkapkan bahwa tradisi ini hidup sejak masa Raden Ngabei Yosodipuro yang telah berjasa menyebarkan Agama Islam di wilayah Pengging. Tradisi ini berawal dari keluhan masyarakat tentang gangguan keong mas yang banyak mengganggu tanaman padi sehingga sering mengalami gagal panen.

Singkat cerita, Raden Ngabei Yosodipuro memerintahkan para petani untuk mengambil keong mas untuk dimasak dengan cara dikukus dibalut dengan janur hingga berbentuk kerucut.

Kirab dimulai dari halaman kantor Kecamatan Banyudono sampai Alun Alun Pengging dan kawasan Masjid Cipto Mulyo Pengging.

Editor : Tata Rahmanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut