get app
inews
Aa Read Next : Anggota DPR RI Partai Gerindra Menyayangkan Pernyataan Ganjar Pranowo

KPU Boyolali Gelar Sosialisasi Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2024

Selasa, 13 Agustus 2024 | 22:29 WIB
header img
KPU Boyolali berikan Sosialisasi Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Boyolali Tahun 2024 kepada Ormas, Selasa (13/8/2024). Foto: Humas Pemkab Byl

BOYOLALI, iNewsBoyolali.id  – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Boyolali Sosialisasi Tahapan Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Boyolali Tahun 2024 kepada Organisasi Kemasyarakatan (Ormas). Setelah sebelumnya sosialisasi juga diberikan kepada Partai Politik (Parpol) dan stakeholder terkait. Kegiatan berlangsung di salah satu hotel di Jalan Merapi Boyolali, pada Selasa (13/8/2024).

Koordinator Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (Sosdiklihparmas dan SDM) KPU Boyolali, Nyuwardi menyampaikan sosialisasi yang dilakukan hari ini diikuti oleh 25 Ormas. Tujuan kegiatan ini adalah agar Ormas terlibat dalam sosialisasi tahapan Pilkada mulai dari data pemilih hingga pada saat pemungutan suara nanti.

“Harapan kami dari ini semua, jadi semua komponen masyarakat di Boyolali ini bersama-sama kita mensukseskan tahapan Pilkada di Boyolali sampai dengan tanggal 27 November tahun 2024 itu berbondong-bondong datang ke TPS [Tempat Pemungutan Suara] untuk melaksanakan pencoblosan.” Kata Nyuwardi.

Dikatakan, saat ini tahapan sudah sampai pada penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS). Adapun jumlah DPS hingga saat ini yaitu 831.249, dengan pemilih laki-laki sebanyak 411.412 dan pemilih perempuan 419.837. Kemudian jumlah TPS yang ada di seluruh wilayah Kabupaten Boyolali adalah 1.592.

Untuk jumlah Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sebanyak 110 orang dimana masing-masing kecamatan berjumlah lima orang. Selanjutnya jumlah total Panitia Pemungutan Suara (PPS) adalah 801 orang, yaitu dari 267 desa/kelurahan masing-masing berjumlah tiga orang.

Kemudian jumlah seluruh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) adalah 11.144 orang dimana masing-masing TPS akan ada tujuh orang KPPS yang bertugas. Dan untuk Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) di seluruh wilayah Boyolali ada 3.115 orang.

Terkait penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT), Nyuwardi mengatakan, akan dilaksanakan pada tanggal 14 sampai dengan 21 September 2024.

“Syukur-syukur nanti saat ada rekrutmen KPPS temen-temen dari Ormas ini bisa juga terlibat dalam pendaftaran KPPS.” pungkasnya.

Editor : Tata Rahmanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut