get app
inews
Aa Read Next : Presiden Joko Widodo Resmikan Tol Solo-Yogya Seksi I Kartosuro-Klaten

Bersih Dusun, Warga Beji Sidomulyo Gelar Wayang Kulit

Sabtu, 10 Agustus 2024 | 19:47 WIB
header img
Pertunjukan wayang kulit dalam rangkaian acara bersih Dusun Beji, Desa Sidomulyo, Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali, Jumat (09/8/2024). Foto:iNewsBoyolali.id

BOYOLALI, iNewsBoyolali.id – Dusun Beji, Desa Sidomulyo,Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali menggelar pertunjunkan wayang kulit semalam suntuk. Kegiatan dalam rangka bersih dusun tersebut berlangsung di halaman salah satu warga dusun setempat, pada Jumat (09/8/2024) malam.

Dari pantuan dilokasi, pagelaran wayang dimulai pada pukul 20.30 Wib yang diawali dengan pementasan dalang cilik yaitu Ki Kondang kalimosodo yang merupakan anak dari ki Gondo Wartoyo selama 30 menit dengan lakon wongso adu jago.

Kepala Desa Sidomulyo, Moh Sawali mengatakan, mengatakan, dipilihnya pertunjukan wayang kulit dalam rangkaian acara bersih Dusun Beji yang  merupakan agenda rutin tahunan yang selalu di adakan.

“Bukan tanpa alasan setiap tahun kami menyelegarakan bersih dusun dengan mengadakan pertunjukan wayang kulit dan dalang malam adalah Ki Gondo Wartoyo dari Nogosari. Hal ini tidak terlepas dari rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Kuasa,” katanya, jumat (09/8/2024) malam.

Lebih lanjut, Moh Sawali berharap kegiatan wayang kulit ini bisa menjadi upaya untuk lebih mempererat kebersamaan antar warga masyarakat di Dusun Beji.

“Acara sudah kita mulai pada jumat pagi dengan mengadakan kunduri bersma. Dengan harapan, kebersamaan itu tambah rekat terjalin, warga masyarakat di sini lebih guyub rukun lagi dengan menonton tontontan yang menjadi tuntunan, karena filosofi kehidupan selalu ada di setiap alur cerita yang disampaikan dalam pertunjukan wayang tersebut,” ucapnya.

Sementara dalang Ki Gondo Wartoyo menjelaskan, sangat berterima kasih kepada warga Beji Sidomulyo yang masih berpartisipasi ikut melestarikan budaya terutama wayang kulit.

“Saya pentas disini sudah sering dan warga sangat antusias dengan menggelar wayang kulit,untuk lakon mala mini adalah permintaan dari warga yaitu wahyu katentreman,” jelasnya.

Dalam pagelaran tersebut ki dalang Gondo Wartoyo tampil memukau saat mengeluarkan wayang buto yang berukuran besar dengan dibantu oleh penyimping atau asisten dalang.

Editor : Tata Rahmanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut