get app
inews
Aa Read Next : 34 Puskesmas di Klaten Raih Akreditasi Paripurna

Tradisi Syawalan Bukit Sidoguro Klaten Berlangsung Meriah

Rabu, 17 April 2024 | 20:59 WIB
header img
Suasana kemeriahan tradisi syawalan di bukit Sidoguro, Kecamatan Bayat, Klaten, Rabu (17/4/2024).(saeful efendi inewstv).

KLATEN, iNewsBoyolali.id –  Ribuan warga memadati bukit Sidoguro untuk mengikuti puncak tradisi syawalan, Rabu (17/4/2024). Acara ini merupakan tradisi tahunan yang digelar setiap hari ketujuh di bulan Syawal dalam penanggalan Islam.

Rangkaian acara dimulai dengan kirab gunungan ketupat dari pintu masuk bukit Sidoguro. Bupati Klaten, Sri Mulyani dan Wakil Bupati Klaten, Yoga Hardaya beserta jajaran Forkopimda Kabupaten Klaten turut serta dalam arakan gunungan ketupat menuju amphiteater bukit Sidoguro sebagai vanue utama tradisi syawalan Sidoguro.

Rombongan Bupati disambut tari kreasi dari Sanggar Omah Wayang saat tiba di vanue utama tradisi syawalan Sidoguro yang telah dipadati oleh masyarakat. Usai sambutan dan doa bersama, arakan gunungan ketupat yang dihias dengan aneka sayur dan buah memasuki amphiteater Bukit Sidoguro secara berurutan yang diawali barisan Duta Pariwisata Kabupaten Klaten yang membawa udik-udikan dalam keranjang janur.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Klaten, Sri Nugroho menyampaikan pada tahun ini terdapat 25 gunungan ketupat hasil sumbangan beberapa instansi baik pemerintahan maupun non-pemerintahan. Selain itu, pihaknya juga menyediakan ketupat opor siap santap sebanyak 1.000 porsi untuk dibagikan kepada masyarakat yang hadir dalam tradisi tahunan ini.

Editor : Tata Rahmanta

Follow Berita iNews Boyolali di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut