get app
inews
Aa Read Next : Ratusan Jemaah Calhaj Boyolali Praktek Manasik Haji

Jelang Akhir Ramadhaan 1445 H SDN 2 Nepen, Bagikan Zakat Fitrah

Jum'at, 05 April 2024 | 21:28 WIB
header img
SDN 2 Nepen, Kecamatan Teras, Kabupaten Boyolali menyerahkan zakat fitrah kepada yang berhak, (Foto: dok SDN 2 Nepen).

BOYOLALI, iNewsBoyolali.id –  Untuk melaksanakan salah satu program kegiatan pesantren kilat ramadhan 1445 H/ 2024 M, SDN 2 Nepen, Kecamatan Teras, Kabupaten Boyolali menggelar pengumpulan zakat fitrah dari siswa-siswi sekolah setempat mulai senin-kamis (1-4/4/2024). Kegiatan pengumpulan zakat fitrah tersebut berbentuk makanan pokok beras atau uang yang senilai dengan makanan pokok tersebut.

Dalam surat edaran Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Boyolali, Nomor 2554/ KK.11.09/6/BA.03.2/03/2024 dan Ketua Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Boyolali, Nomor 01 Tahun 2024 tentang penetapan nilai zakat fitrah tahun 1445 H/ 2024 M,

Di SDN 2 Nepen, Kecamatan Teras, Kabupaten Boyolali, Sebanyak 40 orang mustahik atau yang berhak menerima zakat fitrah telah menerima zakat fitrah. Kegiatan pembagian zakat fitrah tersebut diserahkan langsung oleh kepala sekolah SDN 2 Nepen, Sri Rahayu, S.Pd di halaman SDN 2 Nepen, Kamis (4/4/2024).

Ditemui usai pembagian zakat fitrah, Kepala Sekolah SDN 2 Nepen, Sri Rahayu, S.Pd mengatakan, bahwa siswa-siswi SDN 2 Nepen sudah melaksanakan zakat fitrah ramadhan ini, pelaksanaan pengumpulan zakat fitrah sudah kami laksanakan sejak tanggal 1 April 2024 lalu dan guru agama islam menjadi amil atau panitia zakat fitrah dibantu bapak ibu guru yang lain.

“Hari ini kami serahkan zakat fitrah dari siswa-siswi SDN 2 Nepen kepada siswa-siswi SDN 2 Nepen dan warga sekitar sekolah yang tentunya masuk dalam 8 golongan penerima zakat fitrah diantaranya fakir dan miskin. Harapannya zakat fitrah ini dapat mensucikan dan membersihkan jiwa para muzzaki, selain itu mendapatkan amal ibadah yang baik, Ujarnya.

Guru agama SDN 2 Nepen, Eksani, menjelaskan, dari pengumpulan zakat fitrah beras terkumpul sebanyak 173,5 liter beras, dan uang zakat fitrah sebanyak Rp. 1.940.000. Zakat fitrah ini langsung kami bagikan ke siswa-siswi SDN 2 Nepen dan warga sekitar sekolah.

“kami seleksi administrasi dan pekerjaan orang tua serta keadaan ekonomi keluarganya maka ada sebanyak 40 orang yang berhak menerima zakat fitrah yang masuk dalam 8 asnab penerima zakat fitrah. Alhamdulilah hari ini sudah kami bagikan semuanya sampai habis, Ungkap EksaniKamis (4/4/2024).

Sementara itu salah satu penerima zakat fitrah, Nata Kusuma Ramadhani, mengaku senang bisa dapat zakat fitrah dari sekolah.

“semoga zakat fitrah bermanfaat dan berkah serta menjadi ladang pahala untuk para muzzaki dan semuanya yang terlibat dalam pengumpulan zakat fitrah di sekolah,” Ujar siswi kelas VI tersebut.

Rencananya penutupan pesantren kilat di SDN 2 Nepen, Kecamatan Teras, Kabupaten Boyolali akan dilaksanakan sore hari ini di halaman sekolah setempat sekaligus pengajian dan tausiyah serta buka puasa bersama keluarga besar SDN 2 Nepen.

Editor : Tata Rahmanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut