get app
inews
Aa Read Next : Memperingati Hari Wayang Nasional, SKWL Boyolali Gelar Festival Dalang Bocah

Ngabuburit, Sanggar SKWL Boyolali Pentaskan Wayang Kulit Padat

Kamis, 28 Maret 2024 | 21:58 WIB
header img
Nunggu buka puasa, Sanggar SKWL Boyolali Pentaskan Wayang Kulit Padat, Rabu (27/03/2024).Foto: Ist/

BOYOLALI, iNewsBoyolali.id –  Menunggu waktu berbuka puasa atau ngabuburit, Sanggar Keluarga Wartoyo Langgeng Nusantara (SKWL) Nusantara dengan menggelar pentas wayang kulit padat yang digelar di sekertariatan SKWL di Desa Tegalgiri, Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali pada hari Rabu (27/03/2024) sore.

wayang kulit sendiri merupakan seni yang sempat digunakan sebagai syiar agama Islam di Jawa Tengah oleh salah satu Wali Sanga yakni Sunan Kalijaga.  Kesenian wayang kulit tersebut hingga kini masih terus dilestarikan oleh para pelaku seni.

 


Warga makan bersama di jalan usai menonton pertunjukkan wayang Rabu (27/03/2024).Foto: Ist/
 

Pemilik sanggar SKWL, Ki Dalang Wartoyo mengatakan, acara sore ini adalah ngabuburit sanggar sedulur wartoyo langgeng (SKWL) Nusantara yang diperuntukan terhadap warga di Boyolali saat menunggu buka puasa tiba.

“Kegiatan ini sudah menjadi tradisi warga masyarakat di Desa Tegalgiri saat menyambut buka puasa. Acara seperti ini digelar setiap tahunnya. Hanya satu hari dalam sebulan. Pelaksanaanya menjelang buka puasa, kemudian nanti lanjut setelah sholat tarawih,”katanya.

Editor : Tata Rahmanta

Follow Berita iNews Boyolali di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut