get app
inews
Aa Read Next : Presiden Joko Widodo Resmikan Tol Solo-Yogya Seksi I Kartosuro-Klaten

Puluhan Siswa Ikuti Olympiade Ahmad Dahlan di SMK Muhammadiyah 2 Andong Boyolali

Kamis, 01 Februari 2024 | 08:09 WIB
header img
Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah V Provinsi Jawa Tengah membuka Acara olympiade Ahmad Dahlan atau olympicad ke VII tahun 2024, Kamis(01/2/2023). Foto: Ist/

BOYOLALI, iNewsBoyolali.id – Puluhan siswa siswi dari SMK dan SMA Muhammadiyah se-Kabupaten Boyolali mengikuti olympiade Ahmad Dahlan atau olympicad ke VII tahun 2024 yang diselenggarakan di SMK Muhammadiyah 2 Andong Boyolali.

Kegiatan tersebut sengaja dilakukan guna mempersiapkan pelajar Muhammadiyah yang berkemajuan. Kemudian dalam lomba tersebut para pemenang akan maju ditingkat nasional di Bandung, Jawa Barat.

Acara olympiade Ahmad Dahlan atau olympicad ke VII tahun 2024 dibuka langsung oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah V Provinsi Jawa Tengah. Dalam olympicad tahun ini ada 11 lomba yang digelar, seperti mata pelajaran, Kaligrafi, Bahasa Inggris dan Bahasa Arab.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah V Provinsi Jawa Tengah, Agung Wijayanto mengatakan, bahwa olympicad sendiri sempat vacum selama empat tahun akibat pandemi dan tahun ini mulai digelar kembali.

“Dari lomba ini, yang berprestasi kami harapkan dapat mengikuti lomba tingkat nasional. Dalam olympiade Ahmad Dahlan  ini menjadi jembatan ketika Balai Pengembangan Talenta Indonesia(BPTI)  nantinya juga akan menggelar lomba yang sama juga,”katanya kepada wartawan,Kamis(01/2/2023).

Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 2 Andong, Kamtar mengatakan, kegiatan olympicad ini merupakan program dari pimpinan Muhammadiyah Pusat dari hasil Muktamar dari Makasar.  Lomba ini dimulai dari tingkat kecamatan, kabupaten dan nantinya akan maju dalam tingkat nasional.

“Jadi yang lolos lomba tingkat kabupaten hari ini, nantinya akan maju tingkat nasional di Bandung pada bulan Maret mendatang. Lomba ini bagian dari upaya Muhammadiyah dalam mencari bibit pelajar yang berkemajuan,”jelasnya.

Lanjut dia, dari lomba ini penjabaran dari propil pelajar Muhammadiyah yang berkemajuan , bermakna dan mengembirakan.

“Dalam hal ini ada dua, pertama untuk mengases era milenial kedepan dan menyambut era demografi global sehingga regulasi kehidupan anak bangsa nanti putarannya lebih cepat dan tanpa batas,”kata dia.

Ketua panitia lomba, Suprap mengatakan, lomba olympikad ini diikuti dari 11 sekolah yang nantinya juara satu akan mewakili lomba Ahmad Dahlan tingkat nasional .

“Jadi lomba ini untuk mencari bibit bibit anak yang berprestasi sesuai dengan karakter Muhammadiyah yakni sekolah yang berprestasi,”ujarnya.

Editor : Tata Rahmanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut