get app
inews
Aa Read Next : Kemenag Boyolali Menggelar Manasik Haji bagi Calon Jemaah Haji

Disnakkan Boyolali Gelar Baksos Pemeriksaan Hewan Kesayangan Gratis

Minggu, 21 Januari 2024 | 20:37 WIB
header img
Dokter hewan sedang memeriksa kondisi kesehatan kucing di kantor Disnakkan Kabupaten Boyolali, Sabtu (20/1/2024). Foto: Ist/

BOYOLALI, iNewsBoyolali.id – Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke - 71 Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI), Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Boyolali bekerjasama dengan  PDHI Provinsi Jawa Tengah Cabang IV menggelar bakti sosial (baksos) pemeriksaan dan pemberian obat cacing bagi pet animal [hewan kesayangan] seperti anjing dan kucing secara gratis. Kegiatan ini dilaksanakan di kantor Disnakkan Kabupaten Boyolali, Sabtu (20/1/2024).

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan (Keswan) Disnakkan Kabupaten Boyolali Afiany Rifdania mengatakan, kegiatan baksos ini dalam rangka kewaspadaan terhadap penyakit rabies, sehingga sebelum vaksinasi rabies harus dipastikan hewan dalam kondisi sehat dan tidak cacingan. Ia mengatakan, target pemeriksaan hari ini sebanyak 115 ekor dengan melibatkan 26 dokter hewan.

"Jadi kita perlu waspada, perlu ada upaya untuk pencegahan masuknya tertular penyakit itu ke daerah kami, Kabupaten Boyolali." ujarnya.

Ditambahkan, meski Kabupaten Boyolali merupakan daerah bebas rabies, namun kasus gigitan kucing dan anjing cukup banyak sehingga perlu diwaspadai akan penularan penyakit rabies.

Editor : Tata Rahmanta

Follow Berita iNews Boyolali di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut