get app
inews
Aa Read Next : Presiden Joko Widodo Resmikan Tol Solo-Yogya Seksi I Kartosuro-Klaten

Inspektorat Pemkab Boyolali Gelar Hakordia, Larwasda dan Puncak Sisir Desa

Senin, 11 Desember 2023 | 18:55 WIB
header img
Peringati hakordia, sejumlah kades dan camat di Boyolali menerima penghargaan, Senin (11/12/2023).(Foto: Diskominfo-Byl).

BOYOLALI, iNewsBoyolali.id –  Acara bertema “Eratkan Solidaritas, Bangun Boyolali Berintegritas” dilaksankan Inspektorat Daerah Kabupaten Boyolali dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) dan pelaksanaan Gelar Pengawasan Daerah (Larwasda) serta Puncak Sisir Desa Boyolali Tahun 2023.

Kegiatan yang disiarkan secara langsung di kanal media sosial Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Boyolali tersebut, brlangsung di Pendopo Gedhe Kabupaten Boyolali pada Senin (11/12/2023).

Turut hadir Bupati Boyolali, M. Said Hidayat; Wakil Bupati (Wabup) Boyolali, Wahyu Irawan; Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Boyolali, Agita Tri Moertjahjanto beserta jajaran Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali.

Inspektur Kabupaten Boyolali, Gatot Murdiyanto dalam laporannya menyebutkan bahwa pada tahun 2023 terdapat evaluasi sejumlah 133 jenis dan pendampingan sejumlah 23 laporan.

“Data penyelamatan keuangan negara dari 75 obyek pemeriksanaan entitas terdapat sebanyak 1.023 temuan dengan jumlah rekomendasi 177 rekomendasi dengan efisiensi dan optimalisasi anggaran sebesar Rp 2.881.315.612,” kata Gatot.

Dalam sambutannya, Bupati Said menyampaikan terima kasih kepada seluruh lini yang telah menjaga integritas dalam bekerja. Bupati juga berharap agar integritas yang telah terjaga, mampu menghadirkan pembangunan yang baik.

“Karena membangun ini butuh perencanaan yang baik, butuh pelaksanaa,n pengawasan dan pertanggungjawaban atas apa yang kita laksanakan. Maka menyadari itu semua apa yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Boyolali ini kita harus berkonsentrasi kepada pijakan yang akan kita jadikan landasan kita untuk melangkah bersama bernama data,” tegas M. Said Hidayat.

Dalam kesempatan tersebut, diberikan penghargaan yang terbagi dalam 12 kategori. Penghargaan Lomba Top Desa Tertib Administrasi Data Kependudukan diberikan kepada 22 kepala desa yang ada di 22 kecamatan di Kabupaten Boyolali. Diantaranya Kepala Desa Sidomulyo, Kecamatan Ampel; Kepala Desa Banyuurip, Kecamatan Klego; Kepala Desa Tanjungsari, Kecamatan Banyudono; Kepala Desa Mliwis, Kecamatan Cepogo dan lainnya.

Ada pula penghargaan yang diberikan kepada kepala desa Lomba Desa Peduli Kemiskinan yang diberikan kepada 5 kepala Desa. Ada pula Kepala Desa peraih Lomba Desa Sejahtera yang diberikan kepada 5 kepala desa terbaik. Selain itu, ada Kepala Desa yang membawa pulang di kategori Lomba Desa Peduli Kesehatan yang diberikan kepada 5 kepala desa.

Ada Kepala Desa yang tergabung ke kategori Lomba Desa Melek Informasi yang diberikan kepada 5 kelapa desa. Adapula kategori Top Desa dengan Pengelolaan Keuangan yang diberikan kepada 5 kepala desa. Ada penghargaan Top Kinerja Perangkat desa yang diberikan kepada 5 kepala desa.

Penghargaan juga diberikan pada kategori Top Kecamatan yang diberikan kepada 5 Camat yakni Camat Ampel, Banyudono, Teras, Musuk dan Nogosari. Penghargaan juga diberikan kepada 5 Top Pendamping Siskeudes.

Dalam acara Pekan Adhyaksa Jagain Sekolah Boyolali 2023, diberikan penghargaan pada kategori Kompetisi Cerdas Cermat Antikorupsi, Kompetisi Puisi/Pantun Antikorupsi dan di Kompetisi Mars/Yel Yel Antikorupsi.

Di akhir acara, Bupati Said di dampingi Wabup Wahyu Irawan, dan Ketua DPRD Kabupaten Boyolali secara simbolis menekan sirine Launching BPJS 95 persen.

Editor : Tata Rahmanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut