get app
inews
Aa Read Next : UNS Peduli Salurkan Bantuan untuk Mahasiswa Asal Palestina

Kompetisi Semar Livoma 2023 di UNS Solo Diikuti 40 Tim

Selasa, 24 Oktober 2023 | 13:48 WIB
header img
Pertandingan Semar Livoma 2023 di kampus UNS Solo. Foto: Ist,

SOLO, iNewsBoyolali.id –  Sebanyak 40 tim dari seluruh Indonesia ikut berlaga dalam pertandingan Sebelas Maret (Semar) Liga Voli Mahasiswa (Livoma) 2023. Kejuaraan menjadi gelaran kelima bagi kompetisi bola voli mahasiswa tingkat nasional di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo.

“Tahun ini adalah yang kelima kalinya di UNS dan merupakan salah satu kegiatan rutin yang digelar,” kata Pembina UKM Bola Voli UNS, Dr Deddy Whinata Kardiyanto, Selasa (24/10/2023).

Semar Livoma merupakan kejuaraan bola voli yang diikuti perguruan tinggi se-Indonesia. Kompetisi diselenggarakan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bola Voli UNS secara rutin sejak 2017.

Semar Livoma menjadi salah satu ajang kejuaraan besar di kalangan mahasiswa yang telah diselenggarakan sebanyak 4 kali, yakni 2017, 2018, 2019, dan 2022. Kegiatan ini menjadi salah satu ajang eksistensi Perguruan Tinggi (PT) se- Indonesia di bidang olahraga bola voli.

Tahun kelima penyelenggaraan Semar Livoma berlangsung pada 23-27 Oktober 2023. Tim bola voli PT se-Indonesia yang terdiri dari 24 tim putra dan 16 tim putri dari 10 Provinsi bertanding di GOR UNS.

Kejuaraan memperebutkan piala bergilir Kementerian Pendidikan, kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikburistek) dan piala tetap Rektor UNS. Kejuaraan ini diharapkan mampu menyaring atlet-atlet voli yang berkompeten di kalangan mahasiswa.

Opening Ceremony Semar Livoma 2023 digelar Senin (23/10/2023) malam. Semar Livoma 2023 diharapkan dapat menjadi kompetisi mahasiswa yang sportif dan mampu memberikan tontonan yang menarik.

“Kami berharap kegiatan ini dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat bukan hanya pecinta bola voli saja di kalangan mahasiswa, tapi semua masyarakat bisa datang, nonton langsung dan dukung atlet-atlet bola voli kita,” ujarnya.

Rektor UNS Solo Prof Jamal Wiwoho berharap kejuaraan menjadi kompetisi mahasiswa yang sportif, serta mampu memberikan tontonan yang dapat dinikmati seluruh masyarakat.  

“Bukan hanya pecinta bola voli di kalangan mahasiswa, tapi semua masyarakat bisa datang dan nonton langsung guna mendukung para atlet bola voli,” kata Jamal.  

Dikatakannya, UNS selaku Perguruan Tinggi Negeri (PTN) badan Hukum berkomitmen tinggi memberikan ruang bagi mahasiswa untuk berekspresi, salah satunya dalam bidang olahraga. Hal ini sebagai upaya UNS dalam mendukung transformasi perguruan tinggi melalui Indikator Kinerja Utama (IKU).

IKU ke-2 merupakan mandat bagi perguruan tinggi untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus. Kesempatan salah satunya dapat diraih dengan mendapat prestasi dari kompetisi tingkat nasional.

Editor : Tata Rahmanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut